Harga Cabai Mahal, Pemerintah Tak Akan Buka Keran Impor

Komoditas cabai merah di pasar
Sumber :
  • VIVa.co.id/Shintaloka Sicca

VIVA.co.id – Harga cabai sampai saat ini di tingkat pedagang masih di kisaran Rp70 ribu-Rp80 ribu per kilogram, dari yang sebelumnya Rp40 ribu per kilogram. Pasokan yang kurang dianggap menjadi penyebab utama.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menegaskan, akan melakukan intervensi dengan menggelar operasi pasar di beberapa titik, untuk menekan harga cabai yang masih melonjak.

“(Langkah jangka pendek), operasi pasar, sinergi dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), perdagangan, dan pertanian,” kata Amran, Jakarta, Rabu 16 November 2016.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Ia mengakui, faktor musim hujan memang menjadi salah satu penyebab panen cabai sedikit terganggu. Ini pun pada akhirnya memengaruhi produksi cabai.

Namun, Amran menegaskan, produksi cabai sampai saat ini masih relatif cukup. “Cukup. Kami selalu tanam Rp12 ribu. Kami pantau jumlah tanam. Bawang juga begitu,” ujarnya.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Ia memastikan, langkah impor tidak akan menjadi opsi yang akan dipergunakan pemerintah untuk menambah pasokan cabai. Sebab, saat ini produksi cabai dianggap sudah mencukupi.

“Tidak ada (impor). Cukup. (harga cabai naik) karena dari daerah lumbung cabai. Kalau setop panen satu sampai tiga hari, itu ada jeda. Sehingga, membuat harga naik,” ujar dia. (asp)

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, perekonomian Indonesia masih kuat di tengah meningkatnya ketidakpastian global.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024