TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Kadin: Tenaga Kerja RI Jangan Hanya Jadi Penonton

Mayoritas proyek infrastruktur strategis nasional dikerjakan asing.
Kadin: Tenaga Kerja RI Jangan Hanya Jadi Penonton
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani bersama Erwin Aksa (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Percepatan infrastruktur masih menemui beberapa kendala, mulai dari sisi pendanaan secara umum, sampai dengan kualitas sumber daya manusia yang relatif masih minim. Peningkatan kualitas tenaga kerja pun, menjadi pekerjaan penting bagi pemerintah ke depan. 

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Konstruksi dan Infrastruktur, Erwin Aksa mengungkapkan hal itu dalam Rapat Kerja Nasional Kadin Indonesia yang dihelat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 November 2016.

"Penyedia jasa konstruksi dalam negeri, harus bisa mengembangkan diri, agar tidak hanya menjadi penonton," ujar Erwin.

Erwin menyayangkan, mayoritas proyek infrastruktur strategis nasional hampir seluruhnya dikerjakan oleh kontraktor asing. Padahal, ia meyakini, kualitas dari kontraktor lokal pun sejatinya tak kalah kelas dari kontraktor asing.

"Saya tiga hari yang lalu, baru beres menghadiri konstruksi gedung dari China. Mereka memaparkan bagaimana desain mereka. Arsitek kami pun bisa membuat itu," katanya.

Maka dari itu, perbaikan kualitas sumber daya manusia dalam negeri pun harus tetap digenjot. Sehingga, nantinya proyek-proyek infrastruktur strategis tidak hanya diisi oleh tenaga kerja asing, melainkan juga tenaga kerja lokal yang jauh lebih berkualitas.

"Ini rekomendasi pemerintah, dan kami harus mengawal itu," ucapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP