Tahun Depan Kemenhub Tambah Lima Trayek Tol Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas kapal tol laut ke Natuna (Kedua dari kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Direktur Lalu Lintas Laut dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Bay M. Hasani mengatakan, pihaknya akan menambah lima trayek tambahan tol laut pada 2017 mendatang. Hal ini, guna meningkatkan distribusi barang ke daerah-daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Dia menyebut, penambahan kelima trayek ini akan melanjutkan enam trayek sebelumnya, yakni Trayek-7 (T-7) sampai dengan Trayek-11 (T-11).

"Penambahan lima trayek itu, mulai T-7 sampai T-11. Kemudian, kita juga mencanangkan program Rumah Kita, yaitu merupakan rumah yang mengelola barang-barang yang diangkut kapal laut," kata Bay dalam diskusi di kantornya, Jakarta, Kamis 17 November 2016.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Bay menjelaskan, program Rumah Kita itu akan dibangun pada Januari 2017 mendatang, seiring penambahan tiga rute baru dalam program tol laut, yakni ke Sumatera bagian barat (Padang-Sibolga), Pulau Kalimantan, dan Sulawesi, serta ke wilayah Maluku.

Rencananya, tiga rute baru yang segera dibuka itu akan ditawarkan kepada pihak swasta, agar mereka juga bisa ikut berperan dalam hal menyambung konektivitas antardaerah di Indonesia.

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi

"Namun implementasinya masih menunggu penetapan RAPBN (rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara) 2017. Diharapkan bisa segera ditetapkan, sehingga program laut dapat berjalan tanpa ada hambatan," kata Bay.

"(Rute barunya akan) dilelangkan ke swasta dan tidak melibatkan Pelni (PT Pelayaran Nasional Indonesia). Kalau mau ikut lelang silahkan saja, karena Pelni sendiri sudah memproyeksikan sembilan rute tol laut pada 2017, guna terus mengurangi disparitas harga di kawasan timur Indonesia," ujarnya. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Resmikan Pelabuhan Wani Sulawesi Tengah

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024