TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tahun Depan Kemenhub Tambah Lima Trayek Tol Laut

Trayek ini akan diberikan kepada pihak swasta.
Tahun Depan Kemenhub Tambah Lima Trayek Tol Laut
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas kapal tol laut ke Natuna (Kedua dari kanan) (VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya)

VIVA.co.id – Direktur Lalu Lintas Laut dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Bay M. Hasani mengatakan, pihaknya akan menambah lima trayek tambahan tol laut pada 2017 mendatang. Hal ini, guna meningkatkan distribusi barang ke daerah-daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan.

Dia menyebut, penambahan kelima trayek ini akan melanjutkan enam trayek sebelumnya, yakni Trayek-7 (T-7) sampai dengan Trayek-11 (T-11).

"Penambahan lima trayek itu, mulai T-7 sampai T-11. Kemudian, kita juga mencanangkan program Rumah Kita, yaitu merupakan rumah yang mengelola barang-barang yang diangkut kapal laut," kata Bay dalam diskusi di kantornya, Jakarta, Kamis 17 November 2016.

Bay menjelaskan, program Rumah Kita itu akan dibangun pada Januari 2017 mendatang, seiring penambahan tiga rute baru dalam program tol laut, yakni ke Sumatera bagian barat (Padang-Sibolga), Pulau Kalimantan, dan Sulawesi, serta ke wilayah Maluku.

Rencananya, tiga rute baru yang segera dibuka itu akan ditawarkan kepada pihak swasta, agar mereka juga bisa ikut berperan dalam hal menyambung konektivitas antardaerah di Indonesia.

"Namun implementasinya masih menunggu penetapan RAPBN (rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara) 2017. Diharapkan bisa segera ditetapkan, sehingga program laut dapat berjalan tanpa ada hambatan," kata Bay.

"(Rute barunya akan) dilelangkan ke swasta dan tidak melibatkan Pelni (PT Pelayaran Nasional Indonesia). Kalau mau ikut lelang silahkan saja, karena Pelni sendiri sudah memproyeksikan sembilan rute tol laut pada 2017, guna terus mengurangi disparitas harga di kawasan timur Indonesia," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP