Bank Tak Manfaatkan Digital, Siap-siap 'Gantung Sepatu'

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan pihaknya turut mendorong adanya penerapan financial technology pada perbankan nasional. Penggunaan teknologi yang mutakhir adalah salah satu faktor yang dapat menjadi daya saing tersendiri bagi perbankan untuk unggul dibandingkan kompetitornya.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Apalagi, Bank Indonesia (BI) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun fokus untuk mengembangkan sistem keuangan berbasis digital tersebut.

Ia pun mewanti-wanti bahwa bank yang tidak memanfaatkan teknologi akan tenggelam sendiri, alias kalah bersaing dibandingkan dengan kompetitornya.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

"Kalau saya katakan, bank yang tidak menggunakan perkembangan digital itu akan tutup. Sekarang ini kan sudah ada fintech yang didorong BI dan OJK. Jadi, kalau enggak pakai teknologi, siap-siap saja tutup," kata Rudiantara di sela acara DBS Asian Insight Conference ( AIC) 2016 di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis 17 November 2016.

Ia mengatakan, perkembangan teknologi telah menjadi suatu keniscayaan pada zaman sekarang ini. Bahkan, kata dia, saat ini orang telah cenderung memilih kemudahan dalam melakukan transaksi.

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

Kemenkominfo, lanjut dia, tengah mendorong pengembangan e-commerce yang ada di Indonesia. hal itu tentu perlu didukung dengan sistem teknologi perbankan yang mumpuni.

Ia melanjutkan, fokus pemerintah terhadap e-commerce sendiri terlihat dengan telah diterbitkannya, Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XIV yang diterbitkan khusus untuk mempermudah dan mendorong bisnis perdagangan secara elektronik, atau e-commerce.

"Kalau manual itu, proses (pendanaan)nya panjang dan pengecekannya juga lama, kalau pakai teknologi, dalam waktu beberapa hari itu sudah bisa pinjam," kata dia.bisbi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya