Target Kredit Perbankan Tahun Depan Naik Jadi 11%

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan menargetkan, pertumbuhan kredit perbankan pada 2017 mencapai sembilan hingga 11 persen. Angka tersebut tidak jauh dari target pertumbuhan kredit tahun ini yang ada di kisaran delapan persen

BI Klaim Fundamental Ekonomi Nasional Terjaga Meski Situasi Global Tak Menentu

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan,  permintaan kredit perbankan tidak terlepas dari pertumbuhan perekonomian nasional. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, maka permintaan kredit akan mengikuti.

"Pertumbuhan hari ini selain mencerminkan apa yang sedang terjadi, bisa dikatakan tidak akan jauh lebih tinggi. Namun, bisa tetap tumbuh untuk tahun ini dan tahun depan sekitar sembilan hingga 11 persen," ujarnya di Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Pertumbuhan Kredit Perbankan Turun, Gubernur BI: Ada yang Harus Kami Cek

Muliaman optimistis, pemerintah melalui serentetan paket kebijakan dapat membuat kestabilitasan perekonomian Indonesia dapat terjaga, dengan mempermudah bisnis di berbagai sektor industri.

Selain itu, menurut dia, perkembangan perekonomian tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini, karena banyak gejolak sentimen global yang mempengaruhi pasar keuangan.

Ekonomi RI Terus Pulih, BRI Pede Kinerja 2023 Capai Target

Meski demikian, OJK akan tetap berhati-hati terhadap sentimen global yang tidak dapat diprediksi. Salah satunya kebijakan Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan memainkan suku bunganya, hingga penantian kebijakan Presiden AS yang baru, Donald Trump. Hal tersebut mempengaruhi persepsi pasar yang akhirnya membuat pasar saham maupun valuta asing bergejolak.

"Pola-polanya sebetulnya  kita paham, terjadi perubahan sentimen di tengah fundamental yang baik. Kita yakini itu sementara dan akan kembali normal," tuturnya.

Gedung Bank Mandiri

Tembus Rp 39,1 Triliun, Laba Bersih Bank Mandiri Kuartal III-2023 Melesat 27,4%

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat, hingga kuartal III-2023 berhasil membukukan laba bersih secara konsolidasi mencapai Rp 39,1 triliun.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023