Jawaban BI Atas Lemahnya Nilai Tukar Rupiah dalam Sepekan 

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada hari ini, Jumat 18 November 2016, kembali melanjutkan pelemahan. Rupiah dalam sepekan terakhir, memang mengalami volatilitas yang cukup dalam, dari kisaran Rp13.100-13.400 per dolar AS.

Rupiah Melemah jadi Rp15.906, Dipicu Solidnya Ekonomi AS

Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, mata uang Garuda hari ini berada di level Rp13.408 per dolar AS, atau melemah Rp23 dari posisi perdagangan sebelumnya, yakni di level Rp13.385 per dolar AS.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan, semakin lemahnya rupiah dalam beberapa hari terakhir murni, karena ekspektasi pasar yang meyakini bank sentral AS (The Federal Reserve) akan menaikkan tingkat suku bunga acuannya pada akhir tahun.

Masih Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Nyaris Tembus Rp 16 Ribu per Dolar AS

"Itu membawa ke flight to quality. Banyak outflow (keluarnya dana asing), yang keluar dari negara berkembang yang cukup besar, dari saham maupun SBN (Surat Berharga Negara) yang dilepas," ujar Agus, saat ditemui di Kompleks BI Jakarta, Jumat 18 November 2016.

Dalam beberapa hari terakhir, arus modal yang keluar dari Indonesia telah mencapai Rp16 triliun. Meski begitu, secara year to date sejak awal tahun hingga hari ini, arus modal yang masuk ke Indonesia telah mencapai Rp133 triliun. Sehingga, hal itu masih bisa dikompensasi.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

Lagipula, mantan menteri keuangan itu meyakini periode ini hanya berjalan sementara. Apalagi, perekonomian nasional jauh lebih stabil dibandingkan negara-negara tetangga. Sehingga, arus modal pun cepat, atau lambat akan segera kembali.

"Mereka biasanya lepas dahulu. Awal tahun nanti akan kembali lagi. Tentu, akan ada aliran kembali ke Indonesia," kata dia. (asp)

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

Rupiah tercatat melemah sebesar 16 poin atau 0,10 persen berada di level Rp15.908 per dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024