TUTUP
TUTUP
BISNIS

Buat Startup Ibu-ibu di Surabaya, Risma Raih Penghargaan

Startup yang dibuat mampu mengatasi kemiskinan di kota Surabaya.
Buat Startup Ibu-ibu di Surabaya, Risma Raih Penghargaan
Tri Rismaharini dalam startup nations summit, Cork, Irlandia (Istimewa)

VIVA.co.id – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini seperti tak lepas dari segudang prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Kali ini, Wali Kota terbaik yang dimiliki Indonesia itu kembali meraih peringkat kedua dunia pada penghargaan Startup Nations Award for Local Policy Leadership 2016, di Cork, Irlandia.

Dikutip dari keterangan resmi KBRI London, Senin 21 November 2016. Sejumlah kebijakan yang dijalankan Risma di Surabaya, membuat ekonomi masyarakat bergerak, salah satunya mendorong startup (perusahaan rintisan) seperti pahlawan ekonomi Surabaya, dan pembentukan startup Surabaya sebagai inkubator bisnis startup berbasis teknologi.

Menurut Risma, dengan program startup pahlawan ekonomi Surabaya saat ini, telah menghasilkan lebih dari 5.000 kelompok ibu-ibu dari kelompok tidak mampu dapat membuka usaha baru di bidang pakaian, makanan, hingga sektor kerajinan.

Kebijakan tersebut, juga didukung Pemerintah Kota Surabaya, dengan menyediakan akses terhadap pasar dan lembaga keuangan, serta memberikan pelatihan secara rutin, termasuk di dalamnya pelatihan branding (membuat merek) dan packaging (membungkus produk), agar usaha mereka dapat berdaya saing.

"Tujuan utama dari program yang diciptakannya ini, adalah selain mendorong startup adalah juga untuk mengatasi kemiskinan di kotanya," jelas Risma dalam paparannya.

Adapun penghargaan yang diberikan oleh Risma adalah penghargaan yang diberikan kepada tokoh publik yang dinilai berhasil mengimplementasikan kebijakan dalam mendorong pengembangan startup di wilayahnya. 

Sedangkan untuk peringkat pertama penghargaan ini diberikan pada Maria J. Vengoechea, Executive Director Barranquilla Chambers of Commerce Kolombia, yang juga dinilai berhasil dalam pengembangan startup di Kota Barranquilla  

Duta Besar Republik Indonesia di London, Inggris, Rizal Sukma menyambut baik keberhasilan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meraih penghargaan Local Policy Leadership 2016. Kebijakan itu dapat membuka peluang investasi startup dari kalangan usaha Inggris dan Irlandia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP