Sosok Marie Muhammad di Mata Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Menteri Keuangan era Orde Baru, Marie Muhammad, saat ini tengah terbaring di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Sampai saat ini, belum diketahui penyakit yang didera oleh mantan bendahara negara selama lima tahun itu.

Sri Mulyani Hibahkan Karpet-Sajadah Impor Ilegal Senilai Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bekasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, usai rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, mengaku telah mengunjungi Marie. Bahkan, ia pun sempat berinteraksi secara langsung dengan Marie.

"Sudah (bertemu) kemarin. Beliau cukup sadar untuk komunikasi dengan saya. Sedih sih. Bisa mendengar saya ngobrol, tetapi belum bisa ngobrol," ujar Ani, sapaan akrab Sri, saat ditemui di Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin 21 November 2016.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Sosok Marie di mata Ani, merupakan figur yang memiliki komitmen tinggi untuk bisa mengubah Kemenkeu di masa kepemimpinannya. Terlebih, pada saat itu, kondisi politik maupun ekonomi di Indonesia sangat jauh berbeda seperti di hari ini.

"Beliau dikenal sebagai menkeu yang komit pada perbaikan, untuk Kemenkeu maupun DJP (Direktorat Jenderal Pajak)," katanya.

Sri Mulyani Dapat Anggaran Rp 48,35 Triliun: Tugas Kemenkeu 2024 Sangat Menantang

Bahkam, Ani mengaku bahwa Marie telah membantu dirinya pada saat tongkat kepemimpinan menkeu berada di tangannya sepuluh tahun silam. Utamanya, dalam hal perbaikan Direktorat Pajak, yang langsung berada di lingkungan Kemenkeu.

"Beliau sangat jujur, dan sangat kuat. Beliau tahu betul, apa yang ada di DJP. Saya berharap, beliau segera kembali sehat," ungkap Ani. (asp)

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri

Ditanya Peluang Jadi Menkeu Lagi, Begini Jawaban Chatib Basri

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani diisukan oleh Ekonom Senior Indef, Faisal Basri sebagai menteri yang paling siap mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024