AS Akan Mundur dari TPP, Ini Komentar Menko Darmin

Kopi yang diekspor
Sumber :
  • ANTARA/Ampelsa

VIVA.co.id –  Belum secara resmi menjalankan tugas kenegaraannya sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali memberikan kejutan dengan menarik diri dari perjanjian perdagangan bebas Trans Pasific Partnership (TPP).
 
Lantas, bagaimana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menanggapi hal tersebut?
 
"Penggagasnya mereka. Tapi itu baru maunya. Jangan dianggap sudah keluar lho. Baru maunya saja," kata Darmin, saat ditemui di Kompleks Kementerian Keuangan Jakarta, Selasa 22 November 2016.
 
Menurut Darmin, pemerintah sampai saat ini masih dalam tahap mempelajari seluruh dokumen TPP. Bahkan, belum ada penegasan apapun yang menyatakan, bahwa Pemerintah Indonesia siap untuk mengikuti blok perdagangan bebas itu.
 
Pemerintah Indonesia baru menyatakan ketertarikan untuk ikut serta dalam TPP. Darmin pun enggan memberikan lebih jauh terkait pernyataan Trump tersebut.
 
Dilansir dari BBC, kepastian AS mundur dari TPP disampaikan Trump melalui rekaman video yang memaparkan apa saja yang ia lakukan, apabila sudah berada di Gedung Putih Januari 2017 mendatang.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

(mus)

VIVA Militer: Anthony Blinken dan Benjamin Netanyahu

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Pertempuran antara Israel dan Palestina di wilayah Gaza, yang diikuti oleh serangan yang dilancarkan oleh Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024