TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Jokowi Yakin Kebijkan Trump Tak Rugikan Perekonomian Dunia

Kecil kemungkinan bahwa Trump bakal menerapkan kebijakan sembrono.
Jokowi Yakin Kebijkan Trump Tak Rugikan Perekonomian Dunia
Presiden Joko Widodo dalam acara Hari Menabung Sedunia di JCC (Kris - Biro Pers Setpres)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo meyakini arah kebijakan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump, saat menduduki Gedung Putih, Januari 2017 mendatang, tidak akan menyebabkan guncangan terhadap perekonomian dunia.

“Tidak mungkin, jika (Trump) melakukan sesuatu yang merugikan semua negara. Tidak mungkin,” ujar Jokowi, sapaan akrab Presiden dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa malam, 22 November 2016.

Jokowi meyakini, indera penciuman Trump akan prospek perekomian ke depan sangat tajam. Menurutnya, kecil kemungkinan bahwa Trump bakal menerapkan kebijakan sembrono, yang justru akan merugikan AS sendiri.

Bahkan, Kepala Negara mengakui, terpilihnya Trump sebagai pemimpin negeri Paman Sam tersebut, sama sekali bukan kejutan besar baginya. Jokowi, bahkan tidak percaya, AS di tangan Trump akan menjadi negara yang proteksionisme.

“Semua kaget, tetapi saya biasa saja. Kata orang, itu menyebabkan ketidakpastian. Saya tidak. Saya biasa saja,” tegasnya.

Meskipun arah kebijakan yang disuarakan Trump selama masa kampanye cenderung mengarah ke sikap proteksionisme, Jokowi meyakini hal tersebut tidak akan benar-benar dilakukan oleh presiden terpilih dari Partai Republik tersebut.

“Saya kira, presiden terpilih Donald Trump, bukan seperti yang kita bayangkan. Saya ingin mengajak dunia usaha, agar jangan ditakut-takuti oleh isu yang belum terjadi,” ungkapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP