TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Jokowi: Banyak Negara Pesimis, Saya Tidak

Indonesia akan mengambil kesempatan sekecil apapun untuk pertumbuhan.
Jokowi: Banyak Negara Pesimis, Saya Tidak
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengaku masih memiliki optimisme tinggi perekonomian Indonesia akan jauh lebih baik pada 2017, meski kondisi perekonomian global di penghujung tahun ini hingga tahun depan belum menunjukkan tanda-tanda kebaikan.

"Saya sangat optimis, tentu saja dengan dukungan masyarakat, terutama pelaku usaha ekonomi di 2017," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan BI di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa malam, 22 November 2016.

Jokowi mengaku hampir setiap pemimpin negara yang ia temui mengeluhkan kondisi perekonomiannya masing-masing. Namun, untuk Indonesia, ditegaskan Jokowi, akan terus mengambil kesempatan sekecil apapun untuk mendongkrak perekonomian.

Misalnya saja, dari sektor perdagangan. Menurutnya, Indonesia sudah tidak bisa lagi mengandalkan negara-negara pangsa pasar ekspor seperti Amerika Serikat, Tiongkok, maupun Uni Eropa. Namun, masih ada beberapa negara yang memiliki potensi besar.

"Banyak negara yang tidak pernah kita tengok. Banyak potensi. Mestinya inteligent ekonomi kita sudah bisa mendata hal itu," katanya.

Jokowi memandang, banyak produk-produk dalam negeri yang sejatinya bisa dilirik oleh negara-negara, selain pangsa pasar ekspor AS maupun Eropa. Presiden pun secara khusus telah menginstruksikan kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk menindaklanjuti hal tersebut. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP