Angkasa Pura I Gandeng Empat BUMN, Ada Apa?

PT Angkasa Pura I kerja sama dengan empat BUMN
Sumber :
  • AP I

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura I melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding dengan empat Badan Usaha Milik Negara, yaitu PT Sucofindo, PT Surveyor Indonesia, PT Virama Karya, dan PT Danareksa Sekuritas. 

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Kerja sama ini merupakan upaya Angkasa Pura (AP) I untuk mewujudkan keunggulan operasional dan layanan perusahaan dengan memanfaatkan sinergi BUMN. 
 
Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama AP I, Danang S Baskoro, dengan masing-masing direktur utama empat BUMN tersebut yaitu Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama Surveyor Indonesia M Arif, Direktur Utama Virama Karya Jusarwanto, dan Direktur Utama Danareksa Sekuritas Jenpino Ngabdi.

“Penandatanganan MoU ini merupakan komitmen Angkasa Pura I untuk meningkatkan peran antar-BUMN guna mendukung peningkatan keunggulan operasional dan layanan perusahaan sekaligus juga memberikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Danang S Baskoro, dalam rilisnya, Rabu 23 November 2016.
 
MoU antara AP I dengan Danareksa Sekuritas meliputi kegiatan konsultansi dan financial arranger termasuk di dalamnya terkait kegiatan-kegiatan penjamin emisi efek atau perantara pedagang efek. 

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Sementara itu, dengan Virama Karya meliputi kerja sama dalam bidang konsultansi teknik dan manajemen seperti studi kelayakan (feasibility study) pembangunan bandara, penyusunan masterplan pembangunan bandara, studi dan survei teknis terkait perencanaan bandara, pengawasan teknis, manajemen konstruksi, dan manajemen proyek pembangunan bandara. 

"Selain itu, kerja sama dengan Virama Karya ini juga mencakup kegiatan konsultansi pengendalian mutu terkait pekerjaan konstruksi, konsultansi Quantity Surveyor (QS), konsultansi tahap operasional dan pemeliharaan, dan technical advisory," tutur Danang.
 
Sedangkan dengan Sucofindo meliputi bidang kegiatan inspeksi dan audit konsultansi, pengujian dan analisa, pelatihan dan sertifikasi di mana beberapa kegiatan di dalamnya mencakup perencanaan dan desain awal dan pelaksanaan konstruksi.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Kemudian, MoU AP I dengan Surveyor Indonesia meliputi kerja sama pada tiga tahapan kegiatan seperti perencanaan dan desain awal, kemudian pelaksanaan konstruksi  dan pelaksanaan operasional dan pemeliharaan.
 
Melalui kerja sama ini keempat BUMN  akan berkontribusi sesuai dengan kompetensi bisnis yang dimiliki untuk mendukung operasional perusahaan. Selain itu, sinergi antar-BUMN ini akan dapat mengoptimalkan kinerja kelima BUMN dan diharapkan dapat menjadi model pengembangan sinergi BUMN lainnya.

Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir buka-bukaan alasan belum beroperasinya Stasiun Kereta Cepat Karawang. Penyebab belum dibukanya Stasiun Karawang dian

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024