TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Dana Rp1 Triliun dari APBN Bisa untuk Apa Saja?

Menjadi instrumen penting untuk pembangunan.
Dana Rp1 Triliun dari APBN Bisa untuk Apa Saja?
Pengerjaan Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) di Depok, Jawa Barat (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

VIVA.co.id –  Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara merupakan salah satu instrumen penting pemerintah, dalam menggeber proyek-proyek prioritas yang telah ditetapkan. 

Bahkan, dana sebesar Rp1 triliun saja dapat dipergunakan pemerintah untuk membangun perekonomian nasional. Misalnya saja, seperti pembangunan 155 kilometer jalan, 3.554 meter jembatan, bahkan untuk membangun 52.361 hektar sawah di daerah.

“APBN adalah instrumen penting. Maka, kredibilitas dan aktivitas menjadi sangat penting," ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pembicara dalam perhelatan Indonesia Economic Outlook 2017 yang digelar di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu 23 November 2016.

Ani menjelaskan, dana mencapai Rp1 triliun itu juga dapat dipergunakan untuk membangun 11.900 rumah prajurit nasional, 9.000 gaji guru senior, hingga 10 ribu gaji anggota kepolisian selama satu tahun. Artinya, dana tersebut ditujukan untuk memakmurkan masyarakat.

"Kemarin bicara demo. Mereka dibayar oleh APBN. Rp1 triliun itu bisa membayar 10 ribu anggota Polri yang menjaga keamanan kita setahun," katanya.

Tak berhenti sampai di situ, dana tersebut pun dapat dialikasikan untuk sektor pangan maupun pendidikan, seperti beras untuk 729 ribu rumah tangga, 93 ribu ton benih, 306 ribu ton pupuk, sampai dengan 4,5 juta bantuan pendidikan bagi siswa SD, SMP, dan SMA. "Saya ingin menggambarkan ini supaya Anda tahu," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP