Cara Pelindo II Jadikan Pelabuhan RI Bertaraf Internasional

Ilustrasi pelabuhan
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id – PT Pelindo II berambisi menjadikan pelabuhan yang ada di berbagai wilayah Indonesia memiliki teknologi dan kualitas yang setara dengan pelabuhan-pelabuhan di kawasan Eropa pada 2020 mendatang.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G. Masassya mengungkap cara perseroan mewujudkan keinginan tersebut. Misalnya, dari konsep pelabuhan yang memiliki standarisasi yang sama. Maka, disparitas yang sering terjadi bisa diminimalisir.

“Di Indonesia ada 1.808 pelabuhan, tapi disparitas sangat tinggi. Alat tidak sama, kedalaman tidak sama. Kalau tidak sama, kapal tidak bisa merapat,” ujar Elvyn, saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 24 November 2016.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

Konsep tersebut dinamakan sebagai Indonesia Chain Port. Rencananya, usulan untuk menggunakan konsep seperti ini akan ditawarkan kepada pemerintah.

Di samping itu, sistem pelabuhan yang lebih terintegrasi pun harus dikembangkan, apabila Indonesia ingin memiliki pelabuhan yang bertaraf internasional. Dengan adanya integrasi, tentu akan mudah dalam pengelolaan.

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

“Dengan begitu, ada keseragaman kebijakan, bagaimana bisa menumbuhkan pelabuhan strategis,” ujar mantan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini.

(mus)

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022