TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Cara Pelindo II Jadikan Pelabuhan RI Bertaraf Internasional

Chain Port akan jadi model baru pelabuhan di Indonesia.
Cara Pelindo II Jadikan Pelabuhan RI Bertaraf Internasional
Ilustrasi pelabuhan  (Biro Pers Kepresidenan)

VIVA.co.id – PT Pelindo II berambisi menjadikan pelabuhan yang ada di berbagai wilayah Indonesia memiliki teknologi dan kualitas yang setara dengan pelabuhan-pelabuhan di kawasan Eropa pada 2020 mendatang.

Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G. Masassya mengungkap cara perseroan mewujudkan keinginan tersebut. Misalnya, dari konsep pelabuhan yang memiliki standarisasi yang sama. Maka, disparitas yang sering terjadi bisa diminimalisir.

“Di Indonesia ada 1.808 pelabuhan, tapi disparitas sangat tinggi. Alat tidak sama, kedalaman tidak sama. Kalau tidak sama, kapal tidak bisa merapat,” ujar Elvyn, saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 24 November 2016.

Konsep tersebut dinamakan sebagai Indonesia Chain Port. Rencananya, usulan untuk menggunakan konsep seperti ini akan ditawarkan kepada pemerintah.

Di samping itu, sistem pelabuhan yang lebih terintegrasi pun harus dikembangkan, apabila Indonesia ingin memiliki pelabuhan yang bertaraf internasional. Dengan adanya integrasi, tentu akan mudah dalam pengelolaan.

“Dengan begitu, ada keseragaman kebijakan, bagaimana bisa menumbuhkan pelabuhan strategis,” ujar mantan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP