TUTUP
TUTUP
BISNIS

Gandeng 17 Bank, OJK Ratakan Kredit Sektor Pangan

Bank masih takut karena kurang data base dan pengetahuan soal pangan.
Gandeng 17 Bank, OJK Ratakan Kredit Sektor Pangan
Petani di desa Nyambu. (U-Report)

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan berupaya terus mendorong pemerataan pembiayaan kredit ke segala sektor, terutama ke sektor strategis yang masih minim minat perbankan seperti sektor pertanian dan kemaritiman.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, berjanji akan meningkatkan penyaluran kredit ke sektor pertanian, khususnya pangan. Untuk mewujudkannya, OJK akan menggandeng 17 bank dalam program Akselerasi Keuangan Sinergi Industri (AKSI) untuk pangan.

"AKSI untuk pangan itu 19 Desember (2016). Tahap pertama ada 17 bank. Mudah-mudahan ini bisa jalan," ujarnya di Yogyakarta, Kamis, 24 November 2016.

Muliaman mengaku, Selama ini perbankan masih kurang pengetahuan di sektor pangan sehingga tidak berani masuk memberikan pembiayaan. Beberapa hal yang bisa mengangkat kepercayaan perbankan terhadap sektor ini meliputi database, juga informasi seputar isu terkait.

"Sektor pangan, kemaritiman, lingkungan, industri kreatif itu perlu pengetahuan," tuturnya.

Khusus untuk sektor maritim atau perikanan, kata Muliaman, OJK sudah menggelar Program Jangkau atau Jaring, yang penyaluran kreditnya sudah mencapai Rp22 triliun saat ini. Jaring sendiri merupakan program inisiatif OJK bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan sasaran akselerasi pertumbuhan di sektor ini.

"Kaya pembiayaan ke sektor maritim, nelayan, cold storage sampai pembuatan kapal-kapal sudah Rp22 triliun," ujarnya.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP