Gandeng 17 Bank, OJK Ratakan Kredit Sektor Pangan

Petani di desa Nyambu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan berupaya terus mendorong pemerataan pembiayaan kredit ke segala sektor, terutama ke sektor strategis yang masih minim minat perbankan seperti sektor pertanian dan kemaritiman.

RI Siap-siap Hadapi Dampak Buruk akibat Konflik Iran-Israel, Menurut Analis

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, berjanji akan meningkatkan penyaluran kredit ke sektor pertanian, khususnya pangan. Untuk mewujudkannya, OJK akan menggandeng 17 bank dalam program Akselerasi Keuangan Sinergi Industri (AKSI) untuk pangan.

"AKSI untuk pangan itu 19 Desember (2016). Tahap pertama ada 17 bank. Mudah-mudahan ini bisa jalan," ujarnya di Yogyakarta, Kamis, 24 November 2016.

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Muliaman mengaku, Selama ini perbankan masih kurang pengetahuan di sektor pangan sehingga tidak berani masuk memberikan pembiayaan. Beberapa hal yang bisa mengangkat kepercayaan perbankan terhadap sektor ini meliputi database, juga informasi seputar isu terkait.

"Sektor pangan, kemaritiman, lingkungan, industri kreatif itu perlu pengetahuan," tuturnya.

Dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK, Menko PMK Sebut Penyaluran Bansos Sesuai Peraturan Presiden

Khusus untuk sektor maritim atau perikanan, kata Muliaman, OJK sudah menggelar Program Jangkau atau Jaring, yang penyaluran kreditnya sudah mencapai Rp22 triliun saat ini. Jaring sendiri merupakan program inisiatif OJK bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan sasaran akselerasi pertumbuhan di sektor ini.

"Kaya pembiayaan ke sektor maritim, nelayan, cold storage sampai pembuatan kapal-kapal sudah Rp22 triliun," ujarnya.
 

Harga daging sapi di Pasar Induk Pringsewu Lampung

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Harga komoditas pangan mayoritas mengalami penurunan usai libur Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024