Masih Dipengaruhi Sentimen Trump, IHSG Turun Dua Persen

Papan elektronik IHSG
Sumber :
  • ANTARA/Vitalis Yogi Trisna

VIVA.co.id – Bursa saham tanah air ditutup anjlok hingga dua persen pada hari ini, Kamis 24 November 2016. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, indeks harga saham gabungan ditutup turun 104 poin atau dua persen menjadi 5.107.

Disokong Sektor Tambang, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan

Head Analis MNC Securities, Edwin Sebayang mengatakan, sentimen penurunan IHSG cenderung berasal dari sentimen global, terkait janji presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump. Trump berjanji memotong pajak, belanja pemerintah atas infrastruktur lebih tinggi, dan memperpendek regulasi.

"IHSG diperkirakan turun di hari Kamis," ujarnya di Jakarta.

IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Data Ekonomi saat Corona Jadi Pemicu

Situs RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp8,53 triliun dengan volume 14,02 miliar lembar saham. Sementara, perdagangan hari ini tercatat beli bersih sebesar Rp3,5 miliar.

Sebanyak 86 saham naik, 221 saham turun, dan 84 saham tidak bergerak. Sementara sembilan sektor melemah dari total 10 sektor. Pelemahan terbesar dialami oleh sektor aneka industri yang melemah sebesar 2,85 persen.

Dibuka Melemah, IHSG Diprediksi Bakal Kembali ke Zona Hijau

Dari Asia, mayoritas indeks saham bergerak melemah. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang, yang naik sebesar 0,94 persen, indeks Kospi di Korsel turun sebesar 0,84 persen, dan indeks Hang Seng di Hong Kong turun sebesar 0,30 persen.

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa bergerak menguat sejak dibuka tadi siang. Indeks FTSE 100 di Inggris turun 0,09 persen, indeks DAX di Jerman naik 0,24 persen, dan indeks CAC di Perancis naik 0,27 persen.

Papan elektronik IHSG di Bursa Efek Indonesia (foto ilustrasi)

Berbalik Menguat, IHSG Ditutup Kembali ke Zona Hijau pada Level 5.016

IHSG menguat 2,56 persen hari ini.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2020