TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Jokowi: Konsep Waralaba Cocok untuk Indonesia

Pameran Indonesia Franchise dan SME Expo (IFSE) dibuka.
Jokowi: Konsep Waralaba Cocok untuk Indonesia
Pameran usaha franchise atau waralaba

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo membuka pameran Indonesia Franchise dan SME Expo (IFSE) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat 25 November 2016.

Dalan kegiatan yang masih masuk World Franchise Summit Indonesia (WFSI) 2016 itu, Jokowi mengatakan bahwa konsep franchise atau waralaba sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia. Sebab, kata dia, masyarakat Indonesia telah sejak lama terbiasa dengan bekerja secara mandiri, melalui wirausaha.

"Ada yang buka toko, buka warung, restoran dan lain sebagainya. Bahkan, 70-80 persen lapangan kerja di Indonesia itu ada di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata Jokowi.

Menurut dia, bagi pengusaha lokal di suatu kota untuk bisa langsung naik kelas mudah caranya. Tak lain dan tak bukan, kata dia, adalah dengan cara waralaba.

"Paket waralaba ini sudah lengkap, standar semua sama, sangat mudah dioptimalkan. Standarisasi itu membuat efisien, hemat ongkos," ujarnya.

Dengan waralaba, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pengusaha lokal tak perlu lagi bersusah payah membuat konsep usahanya.

"Kulkas, kompor, lampunya, spesifikasinya semua sama. Jadi tak usah mikir lagi, mau beli kulkas, kompor kayak apa," kata dia.

Untuk itu, Jokowi pun mendorong para pengusaha lokal agar tak perlu susah lagi dalam membuat dan menyiapkan perencanaan usahanya untuk ikut waralaba.

"Daripada buat spesifikasi usaha sendiri, mending waralaba. Jelas standarnya, nasional dan internasional. Waralaba ini wirausaha yang amat modern, wirausaha di abad 21," kata Jokowi. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP