Realisasi Investasi Sektor Energi Terbarukan Capai US$1,19 M

Sumber energi terbarukan.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral mencatatkan realisasi investasi hingga triwulan III 2016 hingga 87,4 persen dari target yang ditetapkan sampai akhir tahun.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Investasi dicatat sebesar U$1,19 miliar dari target realisasi tahun 2016 yaitu sebesar US$1,37 miliar. 

Direktur Jenderal EBTKE, Rida Mulyana mengatakan realisasi tersebut terdiri dari realisasi investasi panas bumi sebanyak US$0,8 miliar, Investasi Aneka EBT sebesar US$0,06 miliar dan Investasi Bioenergi sebesar US$0,29 miliar.

ESDM Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman, PLN Siapkan 2.766 Posko Siaga

"Realisasi hingga kuartal III-2016 sudah US$1,198 dari target 2016 US$1,37 miliar. Saat ini kita juga sedang menyusun langkah baru untuk realisasi investasi," kata Rida dalam media briefing, di kantor Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 25 November 2016. 

Ia mengatakan langkah yang akan disusun ke depannya adalah bagaimana EBT dapat dimanfaatkan untuk menerangi 2.519 desa di Indonesia yang belum sama sekali teraliri listrik.

PLN Dapat Komitmen Hibah dari AS untuk Studi Pengembangan Mini-Grid EBT Daerah 3T di Indonesia Timur

Kota itu disebut, sebagian besarnya berada di Papua dan Papua Barat.  "Mungkin butuh sekitar Rp40 triliun. Tapi ditekankan ini adalah untuk keadilan dan hak," ujar Rida. 

Meskipun daerah tersebut berada di tempat terpencil dan sulit dijangkau pihaknya yakin pemerintah dapat mencari jalan keluar. Tantangannya, kurang lebih sama dengan proses penyaluran  BBM satu harga.

"Butuh infrastruktur khusus dan pasti akan ada jalan keluarnya. Tapi kita enggak ngomongin profit untuk NKRI. Kalau untuk NKRI jangankan uang, nyawa aja kita kasih kok," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya