TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Miliki Toko di Luar Negeri, Waralaba Ini Raih Penghargaan

Akan terus lakukan ekspansi untuk perluas jaringan.
Miliki Toko di Luar Negeri, Waralaba Ini Raih Penghargaan
Alfamart Raih Penghargaan Waralaba Indonesia 2016 (Dokumentasi Alfamart)

VIVA.co.id – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola jaringan ritel Alfamart, menerima Penghargaan Waralaba Indonesia 2016 kategori Waralaba Global Indonesia yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo, dalam acara World Franchise Summit Indonesia yang digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, di Jakarta Convention Center. 

Apresiasi Waralaba Global Indonesia ini, diberikan kepada merek dan perusahaan di Indonesia yang sudah memiliki cabang di luar negeri dengan menggunakan pola waralaba. 

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja agar menjadi perusahaan distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas serta mampu bersaing secara global, sesuai dengan visi perusahaan kami,” kata Hans Prawira, President Director Alfamart melalui keterangan tertulis, Jumat 25 November 2016.

Menurut Hans, perusahaan kini mengelola lebih dari 12 ribu gerai dan akan terus melakukan ekspansi di Tanah Air dan Filipina yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan penjualan perusahaan. 

“Saat ini Alfamart telah memiliki 12.149 gerai yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, di mana 30 persen di antaranya berstatus franchise. Di Filipina, Alfamart telah memiliki 190 gerai yang dijalankan dengan skema join venture (JV) bersama peritel lokal SM Group,” ujarnya menambahkan.

Melalui Alfamart Retail Asia Ltd. (ARA) yang bermarkas di Singapura serta bekerja sama dengan SM Retail Supermarket, sambung Hans, Alfamart membuka gerai pertamanya di Manila pada Juni 2014 lalu. 

Hans mengungkapkan, perusahaan akan terus memberikan kinerja dan pelayanan yang terbaik untuk bisa mempertahankan predikat yang diterimanya. “Adanya penghargaan ini, diharapkan bisa semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand Alfamart serta menambah minat kerja sama dalam bentuk waralaba,” kata Hans. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan mengatakan, peserta yang terpilih telah melalui proses seleksi yang ketat dan transparan oleh tim juri independen yang ditunjuk Kemendag. Ke depan, parameter penjurian akan digunakan Kemendag untuk pembinaan waralaba. 

“Penjurian dilaksanakan melalui dua tahap seleksi. Pada seleksi tahap pertama, tim juri menilai kelayakan usaha dari dua aspek, yakni administrasi legalitas usaha dan karakteristik usaha yang layak dikembangkan menggunakan pola waralaba. Sedangkan tahap kedua berupa evaluasi dan verifikasi lapangan yang dilaksanakan pada Agustus-September 2016,” kata dia. 

Selain kategori Waralaba Global Indonesia, Penghargaan Waralaba Indonesia 2016 juga diberikan kepada 31 perusahaan dengan kategori Waralaba Pratama, Waralaba Utama, Penerima Waralaba dan Waralaba Mancanegara. 

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP