TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Bakrie & Brothers Incar Lokasi Pabrik di Lampung dan Jabar

Untuk meningkatkan kinerja perseroan.
Bakrie & Brothers Incar Lokasi Pabrik di Lampung dan Jabar
Bobby Gafur Umar. (Bakrie Brother)

VIVA.co.id – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) berencana akan mengatur strategi efisiensi agar lebih efektif untuk meningkatkan kinerja perseroan. Salah satunya, pihaknya akan melakukan pemindahan pabrik ke daerah yang memiliki standar upah buruh yang lebih ringan.

Direktur Utama PT Bakrie and Brothers Tbk Bobby Gafur Umar mengakui selain tarif listrik, yang menjadi beban perseroan lainnya adalah Upah Minimum Provinsi (UMP) buruh yang semakin meningkat terutama di kota-kota besar. Menurutnya dengan melakukan pemindahan pabrik dan merekrut buruh baru di daerah, anggaran pengeluaran dapat ditekan.

Umar menjelaskan, pihaknya berencana untuk memindahkan pabrik di daerah Sumatera dan Jawa Barat, di mana lokasi tersebut mendekati Jawa Tengah yang dinilainya memiliki upah lebih rendah ketimbang kota-kota besar.

"Nanti kita akan punya pabrik di beberapa wilayah di Lampung yang berada di sekitar market besar, di Jawa Barat juga wilayah yang dekat dengan Jawa Tengah seperti Majalengka," tuturnya.

Menurut dia, jika pabrik di kota besar dipindahkan ke daerah lain akan memperbesar kapasitas produksi. Sebab, dengan dijualnya satu tanah dan bangunan pabrik di kota besar dananya akan digunakan untuk pembangunan lebih dari satu pabrik.

"Daan Mogot mahal enggak efisien harga tanah juga luar biasa kalau kita jual tanahnya kita bisa punya lima pabrik baru. Tahun-tahun depan dipastikan relokasi ke tempat yang efisien dan dekat dengan market (pasar)," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP