TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Modernland Buka 'Pintu' Bagi Mitra dengan Track Record Baik

PT Modernland Realty Tbk, selenggarakan Public Expose Tahunan 2016.
Modernland Buka 'Pintu' Bagi Mitra dengan Track Record Baik
Public Expose Tahunan Modernland Realty (Istimewa)

VIVA.co.id – PT Modernland Realty Tbk, mengaku bahwa saat ini, perseroan terbuka terhadap mitra terkemuka dengan track record yang baik untuk mencapai pasar konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penetrasi pasar atas produk-produk yang dikembangkan.

“Contohnya Astra Land Indonesia, adalah kombinasi dengan PT Astra International Tbk, salah satu perusahaan terbaik di Indonesia. Kemudian, dengan Hongkong Land Group Limited, pengembang properti terkemuka di Asia. Modernland percaya bahwa kombinasi ini akan menghasilkan sinergi yang luar biasa," ungkap Chief Financial Officer Modernland Realty, Freddy Chan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 26 November 2016.

Menurut Freddy, dengan masuknya Hongkong Land, merupakan hal yang sangat baik bagi industri properti dan perekonomian Indonesia secara umum. Karena itu, ia berharap, dengan banyaknya program pemerintah yang mendorong percepatan pemulihan makro ekonomi, nantinya dapat membuat pertumbuhan yang signifikan bagi dunia properti dalam negeri.

“Kami berharap, peluncuran cluster pertama dari proyek kerjasama ini akan bertepatan dengan kondisi makro yang lebih baik, dan pasar properti yang telah mengalami peningkatan di tahun depan,” ujarnya.

Seperti diketahui, di 2017, diyakini sebagai salah satu tahun terpenting bagi industri properti di Indonesia. Sikap optimistis tersebut, seiring kebijakan pemerintah yang memberlakukan kebijakan tax amnesty, atau pengampunan pajak dengan target mendatangkan dana segar melalui repatriasi ke dalam negeri.

Di kalangan pengembang, beleid ini tentu tak ubahnya seteguk tonik, karena dianggap dapat memicu bertumbuhnya sektor properti dalam negeri, yang memang sejak empat tahun terakhir bak ”lemah pucuk” akibat melambatnya makro ekonomi nasional.

Terlebih lagi, pengampunan pajak diyakini sangat berpengaruh bagi para pengembang untuk bisa terus berhubungan dengan investor. Maklum, selama ini para investor terkesan enggan menanamkan modalnya di Indonesia karena pajak properti yang terlalu tinggi.

Sejumlah praktisi properti meyakini, jika lebih dari 50 persen dana dari pengampunan pajak bakal diinvestasikan ke properti, mengingat perilaku investor yang selalu memilih properti sebagai instrumen investasi dibanding emas, valuta asing, reksa dana dan beberapa instrumen lainnya.

Pencapaian melampaui target

Sementara itu, bertempat di Padang Golf Modern yang berlokasi di Jalan Modern Golf Raya, Tangerang, Banten, Modernland Realty menyelenggarakan Public Expose Tahunan 2016 pada Jumat 24 November 2016.

Dalam acara ini, perseroan memaparkan kinerja keuangan periode Januari sampai September 2016, dan sekaligus memberikan gambaran kinerja perseroan tahun ini yang harus disampaikan kepada publik.

Freddy mengatakan, pada kuartal IV 2016, pencapaian penjualan (marketing sales) Modernland Realty melampaui target yang ditetapkan untuk tahun ini. Hingga kuartal III 2016, perseroan berhasil membukukan marketing sales sebesar Rp962 miliar dan pada kuartal IV, perseroan berhasil menjual lahan di kawasan Jakarta Garden City, Jakarta Timur, senilai Rp3,4 triliun kepada perusahaan Joint Venture (JV) - PT Astra Modern Land yang sahamnya dimiliki PT Astra Land Indonesia (perusahaan patungan 50:50 antara PT Astra International Tbk, dan Hongkong Land Group Limited) dan PT Mitra Sindo Makmur (anak perusahaan Modernland Realty).

“Sampai dengan kuartal IV 2016, perseroan berhasil meraih prapenjualan sebesar Rp4,3 triliun. Hal ini, berarti pencapaian marketing sales melampaui target 2016, yang ditetapkan sebesar Rp4,2 triliun,” ujar Freddy.

Menurut Freddy, proyek kerja sama pengembangan lahan perumahan skala kota (township) seluas sekitar 67 hektare di kawasan Jakarta Garden City, Jakarta Timur tersebut bertujuan mempercepat terwujudnya Jakarta Garden City sebagai sebuah kota mandiri berskala township. Kawasan ini, merupakan kawasan kota mandiri terbesar yang berada di dalam kota Jakarta.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap dengan memprioritaskan fungsi-fungsi yang membuat sebuah township menjadi hidup. Produk-produk properti yang akan dibuat dalam proyek kerj asama ini antara lain perumahan, apartemen, area komersial dan area ruang terbuka publik yang rencananya akan diluncurkan dengan target pasar kalangan menengah ke atas. Peluncuran cluster pertama dari proyek kerja sama ini diharapkan, seiring dengan kondisi makro ekonomi yang lebih membaik, dan pasar properti yang telah mengalami peningkatan.

Selain itu, pada kuartal III 2016, perseroan berhasil menjual lahan di Jakarta Garden City seluas 3,7 hektare kepada IKEA, sebuah perusahaan ritel skala internasional dari Swedia, yang menjual peralatan rumah tangga. Diharapkan, pembangunan IKEA dapat segera dimulai, sehingga dengan penambahan fasilitas ini akan menjadi nilai tambah bagi kawasan Jakarta Garden City selain pusat belanja AEON Mall seluas 120 ribu meter persegi yang saat ini dalam progres pembangunan dan akan mulai beroperasi pada 2017.

Jakarta Garden City nantinya akan berkembang sebagai kawasan yang saling terintegrasi, karena akan didukung oleh beberapa infrastruktur jalan yang diproyeksi akan selesai tepat pada waktunya. Antara lain, akses tol yang menghubungkan Jakarta Garden City menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Tj Priok – Ancol – Bandara Soetta, akses jalan Tipar – Cakung, yang semakin memudahkan menuju Kawasan Kelapa Gading, serta akses Jakarta Garden City menuju Jalan Raya Bekasi. Saat ini, melalui tol, Jakarta Garden City, bisa diakses melalui exit tol Cakung Timur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP