TUTUP
TUTUP
BISNIS

Proyek Tol Brebes Timur-Semarang Dirampungkan 10 Bulan

Sebelum lebaran ruas tol tersebut bisa dilalui pemudik.
Proyek Tol Brebes Timur-Semarang Dirampungkan 10 Bulan
Pekerja sedang mengerjakan proyek jalan tol Trans Sumatera (VIVA.co.id/Dusep Malik)

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk, M. Choliq mengatakan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menginstruksikan pihaknya, untuk segera merampungkan pengerjaan tol Brebes Timur sebelum masa mudik 2017.

Choliq mengakui jika tugas yang diamanahkan kepada pihaknya ini cukup berat karena ruas tol dengan total panjang 150 kilometer itu harus diselesaikan dalam waktu 10 bulan ke depan.

"Periode lebaran ke lebaran kira-kira hanya 11 bulan kalender masehi, dan proses pengeringan jalan tol sampai bisa dipakai itu 28 hari. Sehingga efektifnya kira-kira hanya 10,5 bulan di mana kami harus menyelesaikan 150 km jalan tol. Ini suatu tugas yang amat berat," kata Choliq di kantornya, Jakarta, Jumat 25 November 2016.

Choliq mengakui jika amanah yang diemban pihaknya tersebut, sebelumnya tidak pernah terjadi dalam pembangunan ruas-ruas tol di Indonesia. Dari evaluasi Rencana Kerja Perusahaan (RKP) di 2017, pengerjaan jalan tol tersebut hanya mencapai 113 km.

"Belum ada di dalam sejarah Indonesia membuat jalan 150 km dalam tempo 10 bulan. Mengenai evaluasi terakhir, targetnya jadi dikurangi 37 km, jadi kira-kira 113 km harus jadi sebelum lebaran tahun depan," kata Choliq.

Meski demikian, Choliq mengaku pihaknya akan berusaha keras untuk mencapai target tersebut, sebelum musim mudik Lebaran 2017.

"Kita harapkan sudah jadi, Lebaran sudah bisa lewat. Seperti Lebaran tahun 2015, kalau anda lihat, Kanci-Pejagan waktu itu belum jadi, tapi boleh dilewati angkutan Lebaran. Tapi jalan harus stabil, tidak berdebu dan sebagainya," ujarnya.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP