TUTUP
TUTUP
BISNIS

Benda Ini Tak Boleh Anda Simpan di Kamar Mandi

Kelembapan kamar mandi rumah mudah mengoksidasi barang-barang Anda.
Benda Ini Tak Boleh Anda Simpan di Kamar Mandi
Sikat gigi yang tak boleh ditaruh di tempat lembab dalam kamar mandi. (rumahku.com)

VIVA.co.id – Jika berkaitan dengan persoalan membersihkan tubuh, tentu tidak akan beranjak jauh dari persoalan kamar mandi. Jadi, tidak heran kalau kita menyimpan semua jenis hal yang kita gunakan setiap hari berkaitan dengan perawatan dan pembersihan di kamar mandi rumah kita. 

Namun lingkungan yang lembap dan memungkinan timbulnya kuman, pada dasarnya membuat beberapa barang yang biasa Anda taruh di kamar mandi, menjadi terlarang bila Anda tempatkan di sana. 

Berikut beberapa daftar barang tersebut:

Pertama, pisau cukur. Gunakanlah pisau cukur hanya saat di kamar mandi, tapi jangan meletakkannya di kamar mandi. Kelembapan akan mengoksidasi atau membuatnya menjadi berkarat, dan membuat pisau menjadi tumpul.

Setelah setiap penggunaan, Anda harus mengeringkan pisau cukur dan meletakkannya di tempat yang sejuk dan kering. Jika Anda bersikeras menaruhnya di kamar mandi, Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong plastik kedap udara.

Kedua, sikat gigi. Sikat gigi adalah benda yang sangat umum ditaruh setiap orang di kamar mandi. Pada dasarnya ini tidak baik untuk kesehatan. Bayangkan berapa banyak kuman yang diserap sikat gigi Anda saat Anda menggosok gigi? Jika Anda menempatkannya di udara yang lembap, maka kuman akan tumbuh semakin cepat. 

Anda tentu tidak ingin, sikat yang seharusnya membersihkan justru menyalurkan kuman saat Anda gunakan. Anda juga harus menjaga sikat gigi Anda jauh dari kamar mandi untuk menurunkan jumlah bakteri yang tumbuh di sana.

Ketiga, produk kosmetik. Kaum perempuan biasanya memulas diri mereka di depan cermin yang tersedia di kamar mandi dengan alasan lebih praktis. Sehingga mereka kerap menempatkan produk kosmetik di kamar mandi. 

Tentu, Anda dapat memakai make-up Anda di kamar mandi, tapi setelah Anda selesai, Anda harus memindahkannya ke tempat yang kering dan  sejuk, dengan suhu yang stabil. Perubahan suhu konstan serta lingkungan yang lembab dapat merusak make-up Anda (terutama cairan dan gel) dan memperpendek umur simpan.

Selanjutnya, dengan alasan praktis Anda juga kerap menaruh parfum Anda di kamar mandi. Padahal kondisi lembap akan mempercepat proses oksidasi, dan membuat penggunaan parfum menjadi lebih boros. Jika sebenarnya parfum dapat digunakan untuk waktu lebih dari setahun, karena lembap dan terjadi proses oksidasi, maka penggunaan parfum hanya dapat bertahan selama setahun.  
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP