TUTUP
TUTUP
BISNIS

REI Usul Masyarakat Bergaji Rp4,5 juta-Rp7 Juta Dapat FLPP

Masyarakat bergaji Rp4,5-Rp7 juta sulit masuk golongan menengah atas.
REI Usul Masyarakat Bergaji Rp4,5 juta-Rp7 Juta Dapat FLPP
Pameran Rumah Murah di JCC. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP REI, Eddy Hussy, mengungkapkan kehadiran Program Sejuta Rumah semata-mata diluncurkan untuk mengangkat daya beli konsumen terhadap hunian. Selain harganya terjangkau, konsumen golongan Masyarakat Berpendapatan Rendah dimudahkan dengan uang muka satu persen dan bunga KPR FLPP lima persen.

Sayangnya, menurut Eddy, aturan dan persyaratan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) itu sendiri masih dirasa belum mampu merangkul semua golongan masyarakat di Indonesia. Sebab, ada kelemahan di mana masyarakat yang kelasnya bukan masuk ke MBR, namun tidak layak juga disebut golongan menengah ke atas.

“Untuk itu kami mengusulkan kepada pemerintah paket kedua. Artinya, konsumen yang gajinya berkisar Rp4,5 Juta sampai Rp7 Juta dibuatkan skema KPR bagi level menengah-bawah. Harga rumahnya pun sudah pasti lebih tinggi, di atas Rp160 Juta hingga Rp180 Juta,” jelas dia dalam keterangan resminya, Senin 28 November 2016.

Menurut Eddy, bila kategori itu di masukkan oleh pemerintah dalam aturan berikutnya, tentu suku bunga untuk KPR FLPP bagi masyarakat menengah jangan disamakan dengan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Kalau dikasih bunga umum alias sesuai rate BI, mereka tentu tidak sanggup. Oleh karenanya, bunga tetap selama masa cicilan sebesar 6 persen-7 persen saya rasa paling pas,” ujarnya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP