Aksi 212 Bisa Pengaruhi Investasi Asing di Sektor Properti

Ribuan umat Muslim di Ciamis longmarch ke Jakarta untuk ikut Aksi 212
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Pengembangan Usaha DPP Real Estate Indonesia (REI) Theresia V. Rustandi mengatakan, rencana aksi demo besar-besaran pada 2 Desember 2016 mendatang dinilai cukup berpengaruh terhadap sektor properti di Tanah Air.

BSI Masuk Top 10 Global Islamic Bank, Erick Thohir: Bukti RI Punya Bank Syariah Tangguh

Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, namun Theresia yakin jika hal ini akan menjadi pertimbangan bagi para investor, terutama para investor asing yang hendak menanamkan modalnya di Indonesia.

"Demo itu yang dipertaruhkan adalah kepercayaan investor pada pemerintah atas stabilitas politik, terutama investor dari luar negeri. Karena mereka kan pasti bertanya, ini aman atau tidak," kata Theresia saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 28 November 2016.

5 Tips Memulai Investasi di Bulan Ramadhan

Sementara untuk investor dalam negeri, Theresia mengaku jika alasan utama kenapa mereka menahan investasi itu, biasanya lebih ditekankan pada faktor-faktor perekonomian nasional yang terjadi saat ini.

Dirinya menilai, masalah pertumbuhan ekonomi dan sejumlah hal lain seperti misalnya masalah pengenaan pajak, cenderung menjadi hal yang lebih dipertimbangkan oleh para investor lokal tersebut.

Kemenkeu Menangkan Lelang SUN Rp24 Triliun

"Kalau ditanya pengaruhnya (dari demo) mungkin saja ada, tapi tidak sebesar seperti misalnya perekonomian tidak tumbuh, dikejar-kejar pajak, itu beda. Jadi lebih kepada kredibilitas pemerintah," ujar Theresia.

"Misalnya, pertumbuhan ekonominya bagaimana, demand dan supply-nya gimana, prospeknya seperti apa, jadi lebih kepada faktor itu. Tidak semata-mata hanya kepada faktor stabilitas politik saja," ucapnya menambahkan.

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Bawa 3 Calon Investor, Medan Zoo Bakal Direnovasi Tahun Ini

Pemkot Medan akan menutup sementara Medan Zoo sebelum lebaran 2024 dalam rangka renovasi kebun binatang.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024