TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Sri Mulyani Ganti Dua Direktur DJP

Kedua direktur diharapkan mampu menjaga nama baik pemerintah.
Sri Mulyani Ganti Dua Direktur DJP
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (VIVA.co.id/Chandra G Asmara)

VIVA.co.id – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melantik dua pegawai eselon II Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, pada hari ini, Selasa 29 November 2016. Pergantian jajaran eselon ini dilakukan menyusul skandal suap yang melibatkan pegawai otoritas pajak beberapa waktu lalu.

Kedua pejabat yang dilantik oleh mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu adalah Peni Hirjanto sebagai direktur intelijen dan penyidikan pajak, dan Harry Gumelar sebagai direktur kepatuhan internal dan transformasi sumber daya aparatur. Kedua pegawai  itu diharapkan mampu menjaga nama baik pemerintah. 

“Saya sampaikan selamat kepada pejabat baru. Dua pejabat yang sangat penting, tidak hanya dari sisi tanggung jawab,” ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, saat ditemui di kantornya, Jakarta.

Ani pun menyampaikan pesan-pesan khusus kepada kedua pegawai tersebut. Untuk Peni Hirjanto, Ani meminta Peni untuk menegakkan nilai kewibawaan otoritas pajak, dengan membangun suatu intelijen yang jauh lebih berkualitas.

“Bukan hanya di internal dan wajib pajak, tetapi bagaimana disegani karena Anda kredibel, dan bukan untuk memeras mereka,” ujarnya.

Sedangkan untuk Harry Gumelar, Menkeu mengakui bahwa posisi tersebut merupakan posisi penting, yang penuh dengan ketegasan. Menurutnya, diperlukan sinergi segenap pegawai pajak, untuk menciptakan suatu birokrasi yang dipercaya.

“Anda kenal semua pejabat dalam kultur Indonesia. Selalu banyak sekali alasan untuk tidak menghormati fungsi masing-masing. Tapi kita punya alat untuk mengingatkan,” katanya.

Sebagai informasi, Peni Hirjanto sebelumnya menjabat sebagai direktur keberatan banding DJP. Sedangkan, Harry Gumelar, sebelumnya menjabat sebagai direktur teknologi informasi dan perpajakan DJP.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP