TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Sri Mulyani Berseloroh: Tak Ikut Tax Amnesty, Saya Tembak

Sebanyak 139 ribu wajib pajak sudah ikut serta tax amnesty.
Sri Mulyani Berseloroh: Tak Ikut Tax Amnesty, Saya Tembak
Gaya Menembak Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.  (Istimewa)

VIVA.co.id – Beberapa waktu yang lalu, beredar foto meme Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggenggam sebuah pistol dan senjata laras panjang. Meme tersebut dengan cepat tersebar di dunia maya.

Dalam perhelatan Risk and Governance Summit 2016 di Djakarta Theater, Selasa 29 November 2016, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dimintai klarifikasi atas beredarnya foto tersebut.

Lantas, bagaimana Menkeu menanggapi?

“Kami ada lomba menembak. Saya diajari menembak. Kalau Anda tidak ikut tax amnesty, saya akan tembak,” ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, diikuti gelak tawa hadirin.

Aksi menembak dengan pistol Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Ani pun menjelaskan program kebijakan tax amnesty, yang sudah memasuki periode kedua pelaksanaan. Sampai saat ini, diakui Ani, pemerintah berhasil menambah basis pajak dari keikutsertaan 139 ribu Wajib Pajak (WP).

Meski begitu, momentum tersebut justru diwarnai dengan tindakan tak terpuji dari seorang pejabat pajak, yang tertangkap basah menerima suap dari seorang WP Badan, untuk melenyapkan tunggakan pajaknya.

“Saya berfikir bagaimana menggambarkan perasaan kami semua. Yang pasti kecewa dan marah kepada penghianatan itu,” katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku bingung mendeskripsikan perasaannya sebagai seorang menteri, yang melihat betul jajarannya melakukan tindakan yang mencoreng nama baik institusi negara. 

“Entah kecewa, malu dengan tingkah seperti itu. Saya kira dalam mempimpin suatu institusi besar, harus tahu fungsinya adalah sebagai tulang punggung,” tegasnya.

 

(ren)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP