TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Jokowi Tawarkan Diri Bagi Pengalaman dengan Donald Trump

Kebijakan Trump dinilai hampir sama dengan yang dilakukan di Indonesia
Jokowi Tawarkan Diri Bagi Pengalaman dengan Donald Trump
Presiden Joko Widodo (Kris - Biro Pers Setpres)

VIVA.co.id – Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump memang sampai saat ini belum mengeluarkan terobosannya secara resmi untuk memimpin AS lima tahun ke depan. Namun, berbagai kalangan sudah memiliki prediksi tersendiri akan arah kebijakan yang akan diterapkannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Forbes Global Chief Executive Officer Conference 2016, mengaku tak khawatir dengan arah kebijakan yang nantinya bakal diberlakukan Trump. Bahkan, Jokowi justru menawarkan diri untuk memberikan kiat-kiat khusus bagi Presiden dari Partai Republik tersebut.

"Kalau Trump ingin mendapatkan kiat dari saya, kami akan senang hati untuk membagikan pengalaman yang sudah kami dapatkan," ujar Jokowi di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa malam, 29 November 2016.

Jokowi mengaku tak asing dengan model kebijakan yang akan ditelurkan oleh Trump. Misalnya, seperti menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi AS, dan menderegulasi aturan yang selama ini menghambat.

Di samping itu, Trump juga dikabarkan akan meluncurkan program kebijakan pengampunan pajak, atau tax amnesty, dalam rangka menarik dana yang selama ini berada di luar negeri. Kebijakan-kebijakan tersebut, kata Jokowi, saat ini sedang diterapkan di Indonesia.

"Saya harus mengatakan, kok kedengarannya saya seperti mengenal semua program tersebut," ujarnya.

Atas dasar itu, Jokowi pun menawarkan diri untuk memberikan kiat-kiat khusus kepada Trump, atas program-program yang sudah diterapkan pemerintah dalam dua tahun terakhir. Kebijakan Trump dinilai tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan di Indonesia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP