TUTUP
TUTUP
BISNIS

Ragu Akan Keputusan OPEC, Harga Minyak Tergelincir

Iran dan Irak menolak tekanan dari Arab Saudi.
Ragu Akan Keputusan OPEC, Harga Minyak Tergelincir
Ladang minyak di California. (Reuters)

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia turun empat persen pada perdagangan Selasa atau Rabu WIB, menjelang pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC. 

Saat ini OPEC sedang berjuang menyepakati kesepakatan untuk memangkas produksi guna mengurangi kelebihan pasokan minyak dunia, demikian dilansir dari CNBC, Rabu 30 November 2016.

Harga minyak mentah Brent turun US$1,87, atau 3,9 persen, per barel. Minyak mentah AS turun US$1,85 atau 3,9 persen, menjadi US$45,23 per barel.

OPEC  akan mengadakan pertemuan di Wina pada Rabu, tujuannya untuk mengimplementasikan kesepakatan yang telah dilakukan sebelumnya pada September lalu. 

Dalam pertemuan sebelumnya, mereka berencana memangkas produksi sekitar satu juta barel per hari (bph), dari sekitar 33,82 juta barel per hari.

Tapi Iran dan Irak menolak tekanan dari Arab Saudi untuk mengurangi produksi minyak, sehingga sulit bagi OPEC untuk mencapai kesepakatan. 

Menteri Perminyakan Iran sebelumnya pada Selasa mengatakan, negara itu siap untuk mengurangi produksi minyak seperti yang telah disepakati bersama OPEC.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP