Jangan Takut Memulai Bisnis, Cara Ini Bisa Diikuti

Ilustrasi berbisnis pemula.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Memiliki bisnis sendiri memang menjadi impian bagi semua orang. Selain punya penghasilan utama, Anda akan memiliki penghasilan tambahan, sehingga akan membuat semakin dekat dengan apa yang menjadi tujuan hidup. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Tapi, apakah sudah tahu bisnis apa yang akan dijalani? Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kepribadian atau kesukaan. Jika suka jalan-jalan atau wisata, mengapa tidak sekalian berbisnis perlengkapan wisata atau paket wisata? 

Berikut ini tips memilih bisnis yang sesuai dengan hobi.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

1. Sesuai hati nurani

Apa pun yang akan dilakukan harus sesuai dengan keinginan hati nurani. Ini sangat penting karena sesuatu yang sesuai dengan hati nurani akan berdampak baik ke depannya! Begitu juga dengan bisnis. Jika memilih bisnis yang sesuai dengan hati nurani, akan sepenuh hati menjalankan bisnis tersebut.

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

2. Sesuai bakat dan keahlian

Memulai usaha apabila didasari dengan bakat dan keahlian yang mumpuni maka menjadi mudah. Tentu saja karena kita sudah menguasai dalam bidang bisnis tersebut, jadi jangan sia-siakan bakat atau keahlian mulai saat ini.

3. Menyenangkan

Sebelum memulai bisnis, pastikan apabila nantinya bisnis yang dijalankan menyenangkan. Agar mendapatkan bisnis yang menyenangkan bisa memulai bisnis dari hobi. Sebagai contoh, apabila hobi memancing, tidak ada salahnya jika memulai bisnis kolam pemancingan ikan.

4. Mau belajar dan menerima saran

Belajar dalam memulai bisnis atau menjalankan bisnis merupakan hal yang penting. Meskipun saat ini 100 persen tidak mengerti dengan bisnis tersebut, memiliki keinginan yang kuat untuk bisa dan dibarengi dengan belajar maka secara perlahan pasti bisa. 

Selain mau belajar kepada orang yang lebih berpengalaman, Anda harus mau menerima saran yang diberikan orang lain, selama saran tersebut membantu untuk terus berkembang.

5. Punya tujuan yang jelas

Tujuan sangat penting dalam memulai usaha, Anda harus punya tujuan yang jelas. Tujuan utama memulai bisnis tentu saja keuntungan. Selama tujuan yang ingin dicapai itu baik, maka gapailah meskipun banyak rintangan yang mengadang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya