TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Lima Tips Orang Kaya dalam Menabung, Anda Harus Tahu

Menabunglah untuk menyelamatkan diri Anda sendiri.
Lima Tips Orang Kaya dalam Menabung, Anda Harus Tahu
Ilustrasi Menabung

VIVA.co.id – Menabung memang hak dan kewajiban semua orang. Tak harus miskin atau kaya, semuanya berhak dan berkewajiban menabung. Tabungan untuk berjaga-jaga jika ada hal di luar dugaan mungkin Anda sedang tidak memiliki uang. Menabung juga bisa dianggap sebagai investasi jangka pendek, maupun jangka panjang.

Nah, untuk Anda yang mulai berjalan dan sukses dengan pekerjaan. Otomatis pendapatan akan semakin bertambah dan semakin baik. Situs keuangan Cermati.com memberikan tips menabung yang baik dan juga benar?

1. Fokus pada masa depan

Gak berarti jika Anda orang kaya maka tidak perlu menabung untuk kebutuhan di masa depan. Bisa saja dalam masa depan nanti kebutuhan akan bertambah atau semakin menghabiskan uang.

Nah menabung merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan. Banyak orang kaya yang tetap menabung karena ingin mewujudkan masa depan. Misalnya menggelar pernikahan mewah, sampai biaya pendidikan anak hingga luar negeri. Jika yang kaya saja fokus pada masa depan masa kita tidak.

2. Membeli barang yang dibutuhkan saja

Orang kaya tidak melulu harus boros dan menghabiskan uang-uangnya. Anda yang bersikap lebih bijaksana dan bisa mengelola uang merupakan orang kaya yang sejati. Banyak yang membeli karena hanya ingin pamer atau menunjukan bahwa status berada, bukan karena kebutuhan atau keinginan.

Namun hal tersebut bisa membawa Anda ke jurang kemiskinan dan kebodohan. Hal ini juga yang bisa mencegah Anda untuk menabung setiap waktunya. Karena selalu ada saja barang atau jasa yang ingin digunakan atau dibeli menghambat tabungan Anda terisi.

Semakin lama Anda akan merasa bahwa tabungan tidak perlu dan justru tidak memiliki tabungan ketika butuh. Nah, orang kaya yang gemar menabung mencoba memanfaatkan uangnya hanya untuk membeli barang yang dibutuhkan saja, bukan menghamburkannya.

3. Bekerja keras dan berusaha

Orang kaya yang memikirkan masa depannya akan bekerja keras dan juga berusaha sebaik mungkin. Hal ini sangat terbalik dengan persepsi orang kaya hanya bisa menghabiskan uang dan bersenang-senang.

Mungkin cara mereka mengistirahatkan diri memang bersenang-senang. Atau mereka yang hanya tahu foya-foya bukanlah orang yang mencari uang melainkan sanak saudara atau keluarga dari pekerja tersebut.

Orang kaya akan berusaha untuk menghasilkan secara maksimal, kemudian menginvestasikan dan menggunakan uang tersebut untuk menabung dan memenuhi masa depan yang sudah direncanakan.

4. Meneliti anggaran dengan benar

Tidak benar jika orang kaya merasa memiliki banyak uang, maka anggaran atau pengeluaran tidak di kontrol. Bagi orang kaya yang ingin menabung untuk masa selanjutnya pencatatan pengeluaran merupakan kunci agar mereka tahu uang yang digunakan habis atau hilang kemana saja.

Detail pengeluaran bukan mencerminkan orang tersebut pelit. Orang yang memperhatikan pengeluaran merupakan orang yang teliti, dan juga pintar dalam mengelola uang. Bahkan pernyataan “uang satu miliar pun akan habis jika tidak dikelola” sudah cukup sering didengar bukan.
 
5. Menabung dalam jumlah besar

Jika orang biasa hanya bisa menabung dari sisa kebutuhan mereka, maka Anda yang termasuk golongan mampu bisa menabung dalam jumlah besar. Hal ini tentu akan menghasilkan manfaat yang besar.

Tabungan akan cepat membengkak. Anda yang memiliki sisa uang banyak jangan selalu dihabiskan untuk bersenang-senang. Cobalah tabung dan lihat usaha Anda beberapa waktu ke depan.

Keuntungan orang kaya yakni mereka memiliki pendapatan yang besar dalam satu waktu. Mereka juga menabungkannya dengan benar sehingga bila suatu waktu membutuhkan uang, tabungan akan sangat berguna.

Menabunglah untuk menyelamatkan diri Anda sendiri

Terlepas dari orang kaya atau tidak menabung menjadi sangat penting karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Selain dari menabung akan menolong diri sendiri, menabung juga menolong dari sifat serakah, boros, dan juga hobi pamer. Sifat tersebut sangat banyak terjadi pada golongan mampu lainnya dan menyebabkan diskriminasi sosial di masyarakat.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP