TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

The Fed Genjot Suku Bunga Bisa Picu Arus Modal Keluar RI

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga secara bertahap.
The Fed Genjot Suku Bunga Bisa Picu Arus Modal Keluar RI
Chatib Basri

VIVA.co.id – Sejumlah kalangan memprediksi Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) akan menaikan tingkat suku bunga acuannya di akhir tahun ini. Keputusan tersebut semakin menguat, usai Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS.

Mantan Menteri Keuangan, Muhammad Chatib Basri, memperkirakan apabila The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga tahun depan, bukan tidak mungkin akan mendorong keluarnya arus modal asing dari sejumlah negara berkembang, tak terkecuali Indonesia.

“(Investor) akan lihat. Trennya (suku bunga The Fed) akan naik terus atau tidak, apakah keputusannya bukan hanya Desember, tapi akan terus atau tidak,” ujar Chatib, saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Chatib memandang, keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga secara bertahap tahun depan, seiring dengan arah kebijakan ekonomi yang bakal diterapkan oleh Trump saat menduduki Gedung Putih awal tahun depan.

Misalnya rencana Trump, yang akan melakukan ekspansi fiskal, dalam rangka menggenjot pembangunan infrastruktur AS. Ini tentu akan memberikan pengaruh pada laju inflasi di negeri Paman Sam tersebut.

Menurutnya, para pelaku pasar saat ini telah mengantisipasi terjadinya kenaikan suku bunga, dengan mengalihkan modalnya ke safe haven. Ini menjadi alasan, dalam beberapa hari terakhir terfluktuasinya nilai tukar rupiah.

“Rupiahnya sekarang Rp13.500. Itu antisipasi suku bungan Fed naik. Kalau naik, ada tekanan di rupiah. Tapi apakah naik atau tidak, saya tidak tahu,” katanya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP