TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tips Investasi dari Penulis Buku Rich Dad Poor Dad

Ada beberapa poin penting yang bisa Anda ikuti dari buku tersebut.
Tips Investasi dari Penulis Buku Rich Dad Poor Dad
Penulis buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki. (Istimewa)

VIVA.co.id – Bagi para pebisnis, pasti pernah membaca, atau setidaknya tahu tentang buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki. Buku tersebut cukup terkenal, karena memberikan tips investasi dan cara memulai bisnis.

Ada beberapa poin penting yang bisa Anda ikuti dari buku tersebut, di antaranya:

Investasi tidak selalu tentang uang

Beberapa investor merasa harus melihat secara realistis, namun dengan pandangan seperti itu mereka menjadi tidak menghargai proses dan menggunakan berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Sukses dan kaya, memang bisa dicapai dengan instan, namun tidak membuat Anda bertambah pintar dan sukses secara abadi.

Robert, bahkan berbicara krisis ekonomi akan menimbulkan orang kaya baru dan orang sukses baru. Tentu saja, hal ini mengindikasikan bahwa setiap proses sangatlah penting.

Mereka juga berada pada keadaan, di mana uang bukanlah segalanya. Bagaimana mereka bertahan hidup dalam krisis ekonomi, bertahan agar bisa makan dalam jangka yang panjang, dan memiliki pendapatan di saat terakhir.

Hasil yang dimiliki merupakan kecerdasan dari yang ia miliki secara finansial, selain kerja keras dan juga berdoa. Sehingga, uang bukan poin utama dalam sebuah investasi jika ingin sukses.

Semakin banyak memberi, semakin banyak mendapat

Uniknya investor terkaya ini, justru menyalahi hukum dari bisnis, yang menyebutkan bahwa bila Anda bisa sehemat mungkin, maka Anda akan bertambah sukses. Robert mengatakan pada Oprah Winfrey Show bahwa ia memberikan amal dan memberikan sebagian pendapatannya bagi yang membutuhkan, termasuk para pekerja.

Robert memiliki prinsip, seberapa banyak mereka bekerja, maka sebesar itu pula ia akan menghargainya. Uang dan investasi dipercaya memiliki nilai spiritual.

Bukan berarti, Anda bisa menuntut kenaikan gaji, namun tanpa menambah beban kerja. Ia percaya semakin banyak ia memberi, maka semakin banyak yang bisa ia dapatkan. Karena, kembali pada dasar prinsip Robert, bahwa investasi tidak hanya uang, melainkan pengalaman, kecerdasan, dan pelajaran.

Pengalaman mengajarkan segalanya

Sebelum sukses ada di tangan, tentu saja banyak yang harus dilewati. Seperti berbagai pengalaman, pelajaran, kegagalan, bangkrut, dan berbagai hal lainnya.

Robert mengatakan bahwa investasi real estate pertamanya adalah sebuah rumah di Hawaii yang menghasilkan uang bersih US$25 per bulan, setelah membayar semua biaya dan pengeluaran.

Setelah puluhan tahun memfokuskan diri dengan berinvestasi di bidang properti, Robert sekarang sudah menghasilkan ratusan ribu dolar per bulannya dari investasi real estate. Ia menguasai berbagai hal, namun yang ia fokuskan hanya yang ia kuasai.

Memiliki sistem keuangan tersendiri

Untuk menjadi sukses tentu Anda harus memiliki gaya mengelola keuangan sendiri. Semakin bijak Anda dalam mengelola keuangan, maka akan semakin sukses Anda.

Robert mengatakan, bahwa ia selalu menggunakan metode tersendiri dalam mengelola keuangan, termasuk investasi yang canggih. Membeli barang yang disukai dengan uang yang disediakan, serta memilih barang yang mewah dan berbeda merupakan salah satu keahlian yang bisa dimiliki investor.

Dia mengingatkan, Anda bukanlah pedagang pasar, Anda adalah pengamat dan penganalisis, serta pewujud berbagai keinginan orang-orang yang memiliki uang.

Sanggup berada di dunia berisiko

Memang untuk menjadi investor yang berhasil Anda harus menyelam dan memfokuskan satu bidang untuk digeluti dalam dunia investasi. Namun, bukan berarti Anda menghindari risiko dan daya saing yang besar.

Hal seperti itu tidak mungkin bisa dihindari. Gunakan cara yang lebih agresif dan berani, namun penuh perhitungan dan rencana. Jenis inilah yang bisa membawa Anda menjadi sukses, meskipun harus jatuh bangun.

Kenali diri Anda sendiri

Banyak tips dan hal yang bisa diperhatikan untuk menjadi investor yang canggih dan sukses. Tidak mudah dan tidak sulit, semua tergantung sejauh mana Anda mengetahui keahlian dan potensi diri. Mengenali diri sendiri sangat penting dibanding hanya mengikuti langkah orang saja. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP