TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

OPEC Setuju Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 10%

Diprediksi hanya berjangka pendek.
OPEC Setuju Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 10%
Ladang minyak/Ilustrasi. (CNBC)

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia melonjak 10 persen pada penutupan perdagangan Rabu atau Kamis 1 Desember 2016. 

Dilansir dari CNBC, lonjakan ini karena beberapa anggota Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) sepakat untuk memangkas produksi untuk pertama kalinya sejak 2008. Hal ini dilakukan dalam upaya mendukung harga minyak.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari naik US$4,07, atau 8,8 persen menjadi US$50,45 per barel. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari juga naik US$4,40 menjadi US$51,72 per barel.

Minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik US$4,21, atau 9,3 persen, menjadi US$49,44 per barel. Kontrak tersebut naik 5,5 persen di bulan November.

Namun, harga tersebut tidak mungkin naik lagi bahkan ada kemungkinan hanya berumur pendek, demikian pernyataan sejumlah analis. OPEC setuju untuk memangkas produksi sebanyak 32,5 juta barel per hari. 

Pengurangan produksi juga akan dilakukan Irak dengan mengurangi 200 ribu barel per hari. Negara ini sebelumnya telah menolak pemangkasan produksi. 

"Tinggal menunggu waktu saja, siapa yang akan mematuhi aturan-aturan," kata Oliver Sloup, Direktur Berjangka IITrader.com. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP