TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Mendag: Ada 100 Lebih Persoalan Perdagangan Indonesia

Mendag minta Kadin jaga pasar domestik dari tekanan global.
Mendag: Ada 100 Lebih Persoalan Perdagangan Indonesia
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita  (VIVA.co.id/shintaloka Pradita Sicca)

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyebut ada 100 lebih persoalan syarat perdagangan global yang diangkat World Trade Organization terhadap komoditas ekspor Indonesia. Seperti, isu tindakan anti-dumping dan tindakan imbalan (anti-subsidi) atas produk ekspor Indonesia dan standar kemasan Indonesia.

Dia pun mengajak Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk menjaga pasar domestik dari tekanan global. Khususnya di tengah gejolak ekonomi Amerika Serikat, terkait kebijakan presiden terpilih AS Donald Trump yang anti perdagangan bebas.

"Persoalannya, apa yang harus kita lakukan> Kita harus jaga pasar domestik," ucapnya dalam acara rapat pimpinan nasional Kadin di hotel Borobudur Jakarta pada Kamis 1 Desember 2016.

Menurutnya, sangat penting menjaga pasar domestik saat ini. Terlebih, karena Indonesia memiliki potensi sangat besar menjadi pasar internasional dengan populasi penduduk lebih dari 200 juta.

Dia menyebut ada sejumlah instrumen yang bisa digunakan untuk menjaga daya tahan pasar domestik. Salah satunya, yaitu dengan mengoptimalkan fungsi pelabuhan sebagai filter masuknya barang impor masuk. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP