TUTUP
TUTUP
BISNIS

Kilang Balikpapan Diperkirakan Serap 25 Ribu Tenaga Kerja

Jumlah itu dibutuhkan saat puncak konstruksi
Kilang Balikpapan Diperkirakan Serap 25 Ribu Tenaga Kerja
Ilustrasi kilang minyak Pertamina. (Pertamina)

VIVA.co.id – Pembangunan Refinery Development Master Plan RU V Balikpapan, diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah luar biasa, pada masa puncak konstruksi. Kilang itu diyakini mampu mempekerjakan sekitar 20 ribu hingga 25 ribu tenaga kerja.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina, Rachmad Hardadi, mengatakan proyek ini akan selesai Juli 2019. Adapun masa pengerjaan konstruksi puncak dimulai 2018 hingga 2019.

"Kalau tahun depan kan baru round up, jadi puncaknya itu di akhir 2018, sekitar 20-25 ribu pekerja ada," kata Rachmad di kantor pusat Pertamina, Kamis 1 Desember 2016. 

Dia mengungkapkan, proyek dengan nilai investasi mencapai USD5,3 miliar ini, nantinya juga akan menambah tenaga kerja setelah dioperasikan. Sekarang saja, lanjut dia, Pertamina telah mempekerjakan sekitar 1.600 karyawan yang beroperasi di sana. Saat pembangunan keseluruhan selesai, diperkirakan akan menambah 600 hingga 800 pekerja lagi.

"Jadi kalau ditambah ada sekitar dua ribuan lebih yang mengoperasikan," kata dia. 

Rachmad menambahkan, pihaknya pun telah menyiapkan apartemen untuk pekerja di kilang tersebut. Ada sekitar 200 kepala keluarga yang saat ini telah menempati apartemen tersebut.

"Kita bangun apartemen itu setinggi 23 lantai, sekarang masih ada yang belum untuk lantai atas. Dan ini diharapkan benar-benar selesai paling lambat 30 Maret 2017," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP