TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tips dan Trik Jualan Laku di Pinggir Jalan

Meski di pinggir jalan, tetap harus beri kenyamanan kepada pelanggan.
Tips dan Trik Jualan Laku di Pinggir Jalan
Pedagang kaki lima di sekitar arena Car Free Day. (Fikri Halim/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Usaha merupakan salah satu cara banyak masyarakat dalam mengelola keuangan dan mendapatkan pendapatan tambahan. Untuk itu, banyak yang menyarankan untuk usaha seperti berjualan.

Dengan modal yang sedikit sekarang ini, Anda sudah bisa memulai berjualan, meskipun harus di tempat seperti pinggir jalan, bukan di tempat kafe besar atau toko besar. Lalu, bagaimana tipsnya agar bisa laku usaha di pinggir jalan?

Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha berjualan, berdasarkan situs keuangan Cermati.com:

Tentukan tempatnya

Pilihlah tempat yang nyaman dan bersih. Walaupun di pinggir jalan, cari sebuah toko yang agak menjorok ke dalam ruangan. Agar pelanggan tidak makan terlalu ke pinggir yang menyebabkan banyak debu masuk.

Tempat makan pun menjadi nyaman dan lebih bersih. Jika bukan usaha kuliner, pelanggan Anda tidak perlu merasa kepanasan dan juga terkena debu jalanan.

Jenis barang yang dijual

Anda harus bisa memilih jenis usaha yang tepat dan juga memungkinkan untuk berjualan di pinggir jalan. Tidak mungkin kan Anda berjualan baju mewah atau menjual pakaian pesta di pinggir jalan.

Jika berbentuk toko atau ruko masih memungkinkan. Ada baiknya, agar laku, Anda memilih jenis yang umum, misalnya kuliner dan jenisnya bisa Anda tentukan. Bisa makanan berat atau jajanan ringan. Semakin mudah jenis barang tersebut dibeli dan dijual, maka kemungkinan usaha Anda laku semakin besar.

Harga yang bersahabat

Tentu saja orang yang memilih membeli barang di pinggir jalan, karena harga yang lebih bersahabat dengan kantong dibandingkan di toko besar atau restoran mewah. Anda harus bisa menyaingi pasar yang ada.

Menjual barang di pinggir jalan, Anda pasti menemukan pesaing bisnis yang sama. Untuk itu cobalah memberikan harga yang bersahabat dengan kualitas menengah.

Masih banyak masyarakat yang merasa kualitas menengah lebih baik demi harga yang ramah. Terutama untuk kalangan bawah yang mungkin kesulitan membeli barang di tempat mewah atau makan di tempat makan enak dan mahal.

Pelayanan

Pelayanan merupakan salah satu cara kenapa tempat usaha tersebut terkenal dan banyak diminati. Pelayanan yang ramah tentu akan memberi kenyamanan kepada pelanggan yang datang.

Pelayanan yang unik juga mendatangkan konsumen untuk lebih banyak datang. Cobalah untuk meningkatkan pelayanan di kelas yang paling baik, meskipun sekadar berjualan di pinggir jalan.

Promosi

Beberapa pengusaha merasa tidak perlu promosi karena tempat usaha yang mudah ditemukan yakni di pinggir jalan. Namun, fungsi promosi tidak hanya membuat usaha tersebut mudah ditemukan, melainkan promosi usaha yang Anda dan apa bagian menariknya.

Coba untuk membuat sekadar pamflet sederhana dan sebarkan. Mungkin Anda juga bisa memberikan paket murah jika usaha Anda di bidang kuliner, atau diskon besar untuk 100 pelanggan pertama. Promosi memberikan keuntungan tersendiri untuk usaha yang sudah berdiri di tempat yang strategis dan ramai.

Kenyamanan tempat

Lokasi di pinggir jalan memang tidak akan senyaman restoran mewah atau toko besar, dengan pendingin ruang seperti AC. Namun, selama tempat tersebut nyaman dan juga bersih, maka akan banyak pelanggan yang mampir dan mengunjungi tempat usaha Anda.

Meskipun di pinggir jalan harusnya tidak mengurangi kenyamanan dari sebuah tempat usaha, misalnya tempat yang teduh untuk para pelanggan agar tidak kepanasan. Siapkan tempat duduk atau tempat tunggu agar pelanggan tidak merasa lelah menunggu. Beri pelayanan yang baik pasti usaha Anda tidak akan tertinggal dan melesat populer.

Semua tips di atas bisa Anda terapkan untuk usaha di pinggir jalan. Kenikmatan pelanggan tidak melulu soal mahal dan mewah. Banyak masyarakat yang menikmati waktu malam mereka seperti duduk bersantai di warung wedang jahe dan mampir ke bengkel kecil yang bisa melayani kebutuhan Anda.

Maka jangan takut untuk usaha dan membuka lapak di pinggir jalan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP