TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Potensi Ekonomi Tinggi, Citilink Buka Rute Batam-Pontianak

Wilayah barat masih jadi incaran.
Potensi Ekonomi Tinggi, Citilink Buka Rute Batam-Pontianak
Maskapai Citilink Indonesia. (ANTARA/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier Citilink Indonesia membuka rute penerbangan langsung Batam – Pontianak mulai 1 Desember 2016, guna mendukung kedua kota tersebut untuk menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian barat.

“Letak geografis Provinsi Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau yang berbatasan langsung membuat kedua provinsi tersebut memiliki peran yang strategis untuk menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia Barat,” kata President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 2 Desember 2016.

Albert menilai kedua kota baik Batam maupun Pontianak memiliki potensi ekonomi yang luar biasa yang akan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia.

Sektor industri dan perdagangan misalnya, kedua sektor ini berkembang dengan pesat di kedua kota dan tentunya bisa tumbuh lebih besar lagi apabila didukung dengan akses transportasi yang lebih mudah dan nyaman.

Ia menjelaskan rute penerbangan langsung Pontianak – Batam pp dibuka untuk mengakomodasi besarnya permintaan pelanggan yang menginginkan Citilink membuka rute tersebut. Hal ini disebabkan saat ini maskapai yang melayani rute Pontianak – Batam pp dan sebaliknya masih sangat minim sehingga pilihan masyarakat untuk bepergian menjadi terbatas.

“Rute ini juga sekaligus menjadi penerbangan langsung Citilink pertama yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan demikian penumpang bisa melakukan perjalanan dengan lebih singkat dan efektif tanpa harus transit di Jakarta terlebih dahulu,” tuturnya.

Selain itu, rute ini banyak diminati karena segmen masyarakat yang terbang pada rute Pontianak – Batam pp cukup beragam, mulai dari penumpang bisnis ataupun leisure.

Oleh karena itu, katanya, Citilink memilih waktu penerbangan terbaik yaitu pada pagi hari agar penumpang bisa segera menjalankan aktivitasnya segera setelah tiba di kota tujuan.
Penerbangan rute Pontianak – Batam pp akan dilayani setiap hari masing-masing satu kali sehari dengan durasi 75 menit penerbangan.

Untuk rute Pontianak – Batam pada pukul 08.30 WIB, sementara untuk rute sebaliknya pada pukul 15.15 WIB dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Selain membuka rute baru Pontianak – Batam pp, Citilink Indonesia juga menambah frekuensi pada rute-rute lain dari dan menuju ke Pontianak, yaitu Pontianak – Jakarta pp dan Pontianak – Surabaya pp dari sebelumnya masing-masing satu kali sehari menjadi dua kali sehari.

“Melalui pembukaan dan penambahan frekuensi rute ini selain untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat yang ingin bepergian, kami berharap ini juga akan semakin memperluas konektivitas Citilink di Indonesia,” kata Albert.

Dari Januari hingga Oktober 2016 tercatat Citilink Indonesia telah mengangkut 9,11 juta penumpang di seluruh rute Citilink di Indonesia. Untuk rute Pontianak, Citilink telah menerbangkan 82.559 penumpang dari Pontianak dan 85.167 penumpang menuju ke Pontianak.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP