TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

CEO Starbucks Undur Diri, Harga Saham Langsung Anjlok

Investor khawatir kinerja Starbucks merosot usai ditinggal Schultz.
CEO Starbucks Undur Diri, Harga Saham Langsung Anjlok
Starbucks Coffee (BusinessInsider)

VIVA.co.id – Salah satu pendiri Starbucks, Howard Schultz mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif untuk fokus pada pengembangan toko-toko kopi Starbucks terbaru. Dia menyerahkan posisinya kepada Direktur Operasional Starbucks, Kevin Johnson, seorang eksekutif lama.

Dilansir Reuters, Jumat 2 Desember 2016, kabar pengunduran diri Schultz ini menyebabkan saham Starbucks anjlok 3,6 persen menjadi US$56,41 pada perdagangan kemarin. Investor pesimistis dengan kinerja Starbucks, setelah ditinggal Schultz, mengingat penjualan toko kopi terbesar dunia itu sempat merosot, karena ditinggal Schultz pada 2000, hingga akhirnya kembali pada 2008.

"Dengan mundurnya dia sebagai CEO, menaikkan tingkat kecemasan," kata analis Wil Slabugh.

Ia mengatakan, Schultz adalah jiwa dan jantung merek, pemimpin, dan penyelamat Starbucks.  

Schultz mengatakan, dia akan fokus membangun gerai kopi ultra premium Starbucks, yang disebut  Roastery and Tasting Rooms di seluruh dunia. Serta, melakukan agenda sosial untuk meningkatkan citra merek Starbucks, termasuk mengirim para karyawan ke perguruan tinggi dan merekrut veteran.

Schultz bergabung dengan Starbucks sebagai sales manager, dan mengambil alih Starbucks pada 1980-an. Schultz berhasil mengubah Starbucks dari perusahaan kopi lokal menjadi merek kopi paling terkenal dunia.

Cabang toko Starbucks menjamur di seluruh dunia, dengan lebih dari 24 ribu toko di 70 negara. Penjualan Starbucks mencapai US$19 miliar pada 2015. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP