Tahun Depan BI Tambah 22 Kas Titipan di Daerah Terpencil

Kantor Pusat Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Bank Indonesia akan menambah 22 kas titipan di daerah terpencil Indonesia pada 2017 mendatang. Ini demi menjalankan fungsi BI dalam menyediakan uang kartal di seluruh Indonesia

Buka Layanan Tukar Uang Lebaran di Istora, BI Sebut Kuota Sudah Penuh 

Untuk daerah-daerah yang tidak ada kantor perwakilan BI, maka kas titipan itu akan dikelola oleh institusi keuangan yang ada di daerah tersebut. Demikian ungkap Direktur Departemen Kebijakan dan Sistem Pembayaran dari BI, Farida Peranginangin.

"Kita akan menambah 22 kas titipan melalui institusi di luar BI untuk memenuhi uang tunai," kata Farida dalam sebuah diskusi di kawasan Kuta, Bali, Sabtu 3 Desember 2016

BI Sudah Gelontorkan Rp 75 Triliun Uang Tunai Buat Lebaran 2024

Farida menyebut, saat ini ada 43 kas titipan yang lokasinya tersebar di wilayah-wilayah terluar Indonesia, seperti misalnya di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terpencil.

"Bahkan staf saya ikut sampai dua minggu di kapal. Kalau dia ke ujung Kalimantan, dia tidak ngantor dua minggu," kata Farida.

Sambut Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 39,44 Triliun

Selain itu, BI juga masih mendorong penggunaan uang non tunai, demi meraih efisiensi distribusi uang. "Kita masih akan dorong uang non tunai, karena jika dibandingkan dengan negara-negara G20, penggunaan uang non tunai kita masih sangat rendah," ujarnya.

Sebagai informasi, kas titipan adalah kegiatan penyediaan uang kepada penyedia layanan keuangan seperti bank, maupun kantor-kantor lembaga lainnya yang berada di wilayah-wilayah seluruh Indonesia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya