Usai Kesepakatan OPEC, Harga Minyak Dunia Terus Menanjak

Pengeboran minyak bumi
Sumber :
  • http://www.oilman.com.au/

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia akhir pekan lalu ditutup naik secara berturut-turut dalam satu minggu dan terbesar sejak 2009. Naiknya harga minyak disebabkan keputusan OPEC untuk memangkas produksi minyak agar dapat mengendalikan pasokan global.

Antisipasi Dampak Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Kaji Harga Pertalite Sesuai Jenis Kendaraan

Dilansir dari laman Reuters, Senin 5 Desember 2016, pelaku pasar saat ini mulai fokus melihat pelaksanaan dan dampak perjanjian produksi pertama Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) sejak 2008.

Pada penutupan Jumat lalu, harga minyak berjangka AS atau West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 62 sen atau 1,2 persen menjadi di harga US$51,68 per barel. Dalam sepekan harga minyak naik 12,2 persen dan merupakan catatan terbaik sejak Februari 2011.

SKK Migas Pantau Ketat Dampak Konflik Hamas-Israel ke Sektor Hulu Migas Indonesia

Kemudian, untuk patokan harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman bulan depan tercatat naik sebesar 41 sen menjadi di harga US$54,35 per barel. Capaian tersebut baik sekitar 15 persen dalam sepekan.

Spesialis Energi dari Citigroup, Tim Evans mengatakan, pasar minyak akan tetap tenang dan aman dari guncangan setelah pengumuman OPEC Rabu pekan lalu. Sehingga, sebagian pelaku pasar mengambil keuntungan dari gambaran harga minyak tersebut.

Harga Minyak Dunia Mulai Mendidih Akibat Perang Israel Vs Hamas

"Terjadinya pelemahan dolar AS juga biasanya mendukung harga komoditas dan kemungkinan telah membantu harga minyak mentah dunia stabil dari posisi terendah pada perdagangan kemarin," ujar Tim.

Perlu diketahui, dalam kesepakatannya, OPEC yang menyumbang sepertiga dari pasokan minyak dunia akan mengurangi jumlah produksi minyak sebesar 1,2 juta barel per hari atau lebih dari tiga persen yaitu sebesar 32,5 juta per hari pada Januari 2017. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya