Jokowi Targetkan Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Akhir 2018

Jokowi melihat proyek penampungan air di Desa Tani Bahkti.
Sumber :
  • Setkab

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Kutaikartanegara, Kalimantan Timur, Senin pagi, 5 Desember 2016. Presiden melihat proyek penampungan air yang dibangun dengan dana desa di Desa Tani Bahkti.

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden menyinggung pembangunan jalan Balikpapan-Samarinda. Jokowi mengharapkan, akan menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut pada akhir 2018 mendatang. Saat ini, pembebasan lahan sudah selesai dilakukan.

“Kira-kira, maksimum akhir 2018 selesai. Insya Allah selesai. Sudah. Nanti, akan diteruskan lagi. Ini juga baru dihitung, saya juga masih belum dapat jawaban dari Samarinda Bontang,” kata Presiden Jokowi.

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

Di Desa Tani Bahkti, Presiden melihat pembuatan embung, atau kantong air dan meninjau pembuatan tandon air di desa tersebut. Jokowi mengingatkan, agar dana desa yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya, diarahkan pemanfaatannya untuk mengerjakan apa yang dibutuhkan rakyat di desa tersebut.   

“Tahun depan ini, memang kita mau kejar yang namanya embung, yang namanya kantong air, untuk semua desa yang musim kemaraunya sangat membutuhkan air. Semuanya,” ujar Jokowi.

Gibran Janji Bakal Naikkan Anggaran Dana Desa

Dengan dana Rp500 juta, Desa Tani Bahkti bisa membuat embung tanpa menggunakan plastik sebesar satu hektare di Kalimantan. Nilai tersebut, kata Presiden, lebih murah jika dibanding di Jawa. Di sana harga untuk embung dengan plastik sebesar satu hektare membutuhkan dana sekitar kira-kira Rp1 miliar.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Sanjoyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (asp)

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Mendagri) Tito Karnavian menyebut perangkat dan kepala desa tidak akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) karena bukan ASN

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024