Jonan: Jangan Takut Tak Dapat Minyak Mentah

Logo OPEC.
Sumber :
  • www.britannica.com

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menyatakan, keputusan yang diambil Indonesia untuk membekukan keanggotaan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries, atau OPEC sudah tepat.

SKK Migas Pantau Ketat Dampak Konflik Hamas-Israel ke Sektor Hulu Migas Indonesia

Ia pun yakin dengan keputusan itu, tidak akan mempersulit Indonesia mendapatkan minyak mentah.

"Menurut saya enggak (sulit). kalau cari crude (minyak mentah) itu business to businees saja, atau antarnegara. Jadi, enggak tergantung OPEC," kata Jonan ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin 5 Desember 2016. 

Harga Minyak Dunia Mulai Mendidih Akibat Perang Israel Vs Hamas

Ia menegaskan, keputusan pembekuan keanggotaan Indonesia dari OPEC ini, merupakan inisiatif dari pemerintah Indonesia yang tidak ingin memangkas produksi.

Sebab, Indonesia masih sebagai negara importir minyak. "Indonesia yang mengajukan diri untuk pembekuan keanggotaan sementara. Inisiatif," kata Jonan.

Menteri ESDM Sebut Harga Pertamax Bakal Naik Lagi, Masyarakat Bisa Balik ke Pertalite

Menurutnya, keanggotaan Indonesia ditunda hanya sementara. Pilihannya, Indonesia bersedia memangkas produksi minyak sesuai kesepakatan, atau membekukan sementara keanggotaan di OPEC.

Ia menegaskan, secara hubungan antarnegara, alias bilateral, masih terjadi dengan baik.  "Iya (masih baik)," tuturnya. (asp)

BBM jenis Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta

Antisipasi Dampak Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Kaji Harga Pertalite Sesuai Jenis Kendaraan

Pemerintah akan mengatur detail kriteria kendaraan yang dapat mengisi Pertalite, dan juga tengah mengkaji untuk membuat perbedaan harga Pertalite sesuai jenis kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2023