Dana Pendidikan Rp400 Triliun Masih Ada Sekolah Rusak

sekolah rusak
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan perbedaan yang cukup signifikan dari porsi kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016, porsi keuangan negara tahun ini dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu.

Jokowi Revisi APBN 2023, Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp 624,25 Triliun

"10 tahun lalu, kita mulai APBN dengan belanja di level Rp400-Rp600 triliun. Bahkan, saya keluar dari Indonesia Rp900 triliun," jelas Ani, sapaan akrab Sri, saat ditemui di Hotel Fairmount, Jakarta, Selasa 6 Desember 2016.

Ani pun menyoroti efektivitas dari anggaran yang dialokasikan kepada sektor-sektor tertentu. Misalnya saja, seperti anggaran pendidikan yang diberikan porsi sebesar 20 persen dalam APBN. Ada kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan sepuluh tahun lalu.

Kesetaraan Pendidikan Terasa Bila 20 Persen Anggaran Digunakan Maksimal

"Tetapi, apakah dengan Rp400 triliun itu, kita bisa mendapatkan guru bagus? Itu pertanyaan pelik," katanya.

Bahkan, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, infrastruktur di sektor pendidikan pun sampai saat ini belum memadai. Maka dari itu, perencanaan anggaran ke depan pun akan kembali ditinjau oleh Bendahara Negara.

Sri Mulyani Janjikan Insentif ke Perusahaan Peduli Perubahan Iklim

"Dulu pak Bambang Sudibyo (mantan Menteri Pendidikan era Susilo Bambang Yudhoyono) bilang butuh Rp35 triliun. Sekarang sudah Rp400 triliun, dan masih ditemukan sekolah yang rusak," tegasnya. (asp)

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani

Kado Awal 2024, Rp4,385 Triliun Dana BOS Madrasah dan BOP RA Cair

Pedoman Teknis Pengelolaan BOS Madrasah dan BOP RA sudah tersedia dalam Pusaka Superapps dan laman https://bos.kemenag.go.id atau https://erkam.kemenag.go.id/.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2024