Paska Gempa Aceh, Aktivitas Ekonomi Berangsur Normal

Gempa Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho memastikan untuk saat ini, aktivitas perekonomian masyarakat Aceh sudah berangsur normal, setelah diguncang gempa 6,5 Skala Richter.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Sutopo menjelaskan, ada perbedaan antara kondisi paska bencana negeri Serambi Mekkah kemarin, dibanding gempa bumi sebelumnya. Perbedaannya, saat gempa 2004, disusul bencana tsunami, hampir sebagian wilayah itu terisolasi dan berdampak pada lumpuhnya aktivitas kota. 

"Aktivitas tetap normal mereka. Tidak ada bencana langsung kolaps. Tidak seperti tsunami (2004), karena pemerintahannya juga kena," ujar Sutopo, saat jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Kamis 8 Desember 2016. 

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Aktivitas masyarakat kembali normal, bisa dilihat dengan perkantoran dan kios-kios yang berada tidak jauh dari lokasi gempa, sudah mulai buka. 

Namun, Sutopo mengatakan, sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti sekolah, rumah sakit, dan tempat ibadah belum berjalan dengan normal. Hal itu, karena kondisi bangunan rusak akibat diguncang gempa bumi.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Sekolah di Aceh, memang masih diliburkan karena rusak," ujarnya. (asp)

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023