Menkeu Jamin Defisit Anggaran 2016 Tak Lebih dari 2,7%

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan kekurangan penerimaan pajak atau shortfall hingga akhir tahun sedikit meleset dari proyeksi awal di angka Rp219 triliun, Meski begitu, defisit anggaran dijamin tetap di kisaran 2,7 persen.

Jawab Mahfud MD, TKN Optimis Rasio Penerimaan Negara Naik Hingga 23 Persen

“Kalau meleset, tidak akan terlalu jauh. Seperti yang saya katakan, defisit masih di kisaran 2,7 persen. Itu maksimal,” jelas Ani, sapaan akrab Sri Mulyani saat ditemui di Plaza Bapindo, Jakarta, Jumat 9 Desember 2016.

Realisasi penerimaan pajak hingga akhir November 2016 kemarin baru mencapai Rp965 triliun, atau 71 persen dari total target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 sebesar Rp1.355,2 triliun.

Pemerintah Kantongi Penerimaan Pajak Rp 1.387 Triliun hingga September 2023

Ani pun telah mematok target penerimaan yang akan digenjot oleh Direktorat Jenderal Pajak. Di mana pendapatan yang berasal dari penerimaan rutin diperkirakan berada di kisaran Rp101-Rp102 triliun. Selain itu, akan ada tambahan dari tax amnesty dan extra effort.

“Dari tax amnesty dan extra effort sekitar Rp42 triliun. Itu target kita untuk bulan ini. Beberapa penerimaan sudah kita identifikasi,” katanya.

Pertumbuhan Ekonomi dan Harga Komoditas Bakal Dongkrak Penerimaan Pajak Rp 100 Triliun

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, pendapatan negara hingga akhir tahun, baik dari penerimaan pajak, penerimaan bea dan cukai, maupun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), masih dalam batas aman. “Masih dalam range yang kita perkirakan,” tuturnya.

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)

IHSG Dibuka Menguat, Cek Saham-saham Pilihan Hari Ini

Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 10 poin atau 0,15 persen di level 7.290, pada pembukaan perdagangan Kamis, 4 Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2024