Kemendag Klaim Harga Cabai Turun Secara Nasional

Kenaikan harga cabai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kementerian Perdagangan mengklaim, harga cabai merah per 8 Desember 2016, mengalami penurunan, setelah dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

“Hari ini, harganya sudah mulai turun,” jelas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat 9 Desember 2016.

Oke menjelaskan, harga cabai merah hari ini dibandingkan bulan lalu mengalami penurunan di sekitar 9,8-14,6 persen menjadi di kisaran Rp45.960-49.150 secara rata-rata nasional. Penurunan ini disebabkan berbagai faktor.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Misalnya, seperti pasokan cabai yang kembali meningkat ke pasar induk Keramat Jati sebesar 31 persen. Pada minggu kedua Desember, pasokan yang disuplai mencapai 3.300 ton, dari yang sebelumnya dipasok pada November sebesar 2.530 ton.

Meski begitu, naiknya tren kenaikan permintaan menjelang akhir tahun akan tetap diwaspadai oleh pemerintah. Sebab, hal tersebut akan berpotensi memberikan pengaruh terhadap kenaikan harga-harga komoditas.

Daftar Harga Pangan 20 Maret 2024: Bawang hingga Telur Naik

“Menghadapi Natal dan Tahun Baru, diperkirakan terjadi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok,” katanya.

Sebagai informasi, cabai merah sendiri menjadi salah satu komoditas yang memberikan andil terhadap perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK), atau inflasi pada November lalu, yakni sebesar 0,19 persen, dengan rata-rata kenaikan 21,2 persen dari 76 kota IHK. (asp)

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024