Bangun Pasar Ikan Modern Muara Baru Telan Biaya Rp100 M

Ilustrasi pasar ikan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun pasar ikan perikanan modern di sekitar Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara.

Riset Ungkap Dampak Bantuan Pemerintah ke Sektor Perikanan Tangkap

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo mengatakan, selama ini memang sudah ada pasar perikanan, tetapi kurang layak.

"Di sana memang sudah ada pasar, tetapi kondisinya kumuh. Itu yang mau kita benahi," kata Nilanto dalam media briefing di rumah dinas Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat 9 Desember 2016.

10 Ribu Pembudidaya Perikanan Dibidik Masuk Ekosistem eFishery 2021

Pada proyek tersebut, KKP memperbaiki tempat pelelangan ikan yang mulai digarap akhir tahun ini. Kemudian, pada tahun depan akan mulai mengolah dua sentra besar, yaitu untuk reseller dan untuk ritel.

Untuk reseller, ia sebutkan akan difasilitasi dermaga pendaratan, mesin pendingin untuk tuna dan non-tuna.

Meninggal, Dirjen KKP Aryo Berjuang Lawan Corona Selama 20 Hari

"Anggarannya lebih dari Rp100 miliar. Desember 2017 ditargetkan selesai," ucapnya.

Kemudian, ia juga berencana membangun tempat pelelangan ikan di daerah Surabaya, tetapi masih dalam pembahasan dengan Gubernur Surabaya, Tri Rismaharini. (asp)

Tambak Udang Vaname yang dikelola oleh eFishery dan Baba Rafi.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

Laju bisnis akuakultur tumbuh 21 persen selama enam tahun terakhir, jauh di atas sektor tangkapan ikan yang hanya tumbuh 3 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021