Salip Negara ASEAN, Pariwisata RI Pakai Strategi Branding

Logo kampanye wisata Wonderful Indonesia.
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata mencatat, pertumbuhan pariwisata Tanah Air lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN maupun negara-negara di sekitar kawasan. 

Es Krim AICE Terpilih Menjadi Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyampaikan, pada 2015, pertumbuhan pariwisata Indonesia mencapai 10,3 persen, sedangkan ASEAN hanya mencapai 5,1 persen.

"Artinya, Indonesia tumbuh dua kali lipat dibanding pasar ASEAN. Nanti, market share kita akan lebih baik," ujar Arief di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Sabtu, 10 Desember 2016.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Arief mengatakan, kementerian akan menggenjot industri pariwisata Tanah Air dengan membalap negara-negara tetangga hingga 2019. Dengan demikian, bisnis industri tidak boleh lebih rendah dibandingkan pasar.

"Kalau lebih rendah, artinya sedang sekarat. Itu wajib," tuturnya.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Arief memandang, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, pertumbuhan pariwisata dalam negeri termasuk tinggi jika dibandingkan dengan Malaysia yang turun 15,7 persen tahun lalu dan pertumbuhan pariwisata Singapura hanya 0,9 persen. 

"Tapi kita harus ingat, pertumbuhan Thailand sangat bagus, yakni 20,4 persen," ujarnya.

Menurut dia, dalam menggenjot industri pariwisata, Indonesia perlu menerapkan strategi branding di mana saat ini bernama Wonderful Indonesia. Sebab, branding merupakan investasi yang dampaknya akan dirasakan jangka panjang.

"Apa sih artinya branding? Kalau nation brand tumbuh 10 persen, turis kita akan naik 11 persen dan investasi akan naik dua persen. Maka, tidak boleh pelit-pelit di sini," ujarnya.

Arief menambahkan, untuk mewujudkan pariwisata nasional menggaung di dunia perlu melibatkan seluruh pihak. "Uang kita terbatas. Tapi strategi kita memanfaatkan momentum. Kita pasang iklan saat ada momentum besar, seperti di Berlin. Seluruh bus dan taksi kita branding dengan Wonderful Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya