Malaysia Klaim Tari Pendet

Sebagai Fasilitator, Kaskus Netral

VIVAnews - Sejak Malaysia mulai sering mengakuisisi konten budaya milik Indonesia, member-member Kaskus mulai anti dengan Malaysia. Meski begitu, menurut Andrew Darwis, pendiri dan administrator forum tersebut, hal itu dinilai wajar. Pasalnya ini bukan kali pertama Malaysia mengakuisisi konten budaya milik Indonesia sebagai milik mereka.

“Pemerintah sendiri, oleh member-member Kaskus melalui postingnya dinilai kurang terlibat dan sepertinya kurang perhatian atau melindungi konten budaya milik Indonesia. Jadi, kelihatannya para member meluapkan amarahnya itu semua lewat Kaskus,” kata Andrew pada VIVAnews, 27 Agustus 2009.

Meski begitu, reaksi member Kaskus juga tak selalu berupa hujatan, kadang ada beberapa member yang lebih suka menyindir. Seperti misalnya, membuat polling “Siapa yang setuju jika Malaysia menjadi propinsi baru Indonesia?” karena pembuat polling merasa kasihan dengan Malaysia, negara yang minim konten budaya.

Ada juga yang menyuguhkannya dengan seni. Misalnya rapper Saykoji, yang sudah identik dengan Kaskus, karena sebelumnya menciptakan Kaskus Anthem sebagai hadiah ulang tahun Kaskus. “Untuk menyindir Malaysia, Saykoji menciptakan lagu berjudul Copy My Style (remix), dan disebarkan melalui Kaskus,” kata Andrew.

“Sejauh ini, kita support saja apa yang dilakukan member. Kita tidak mau ikut-ikutan, dan kita juga tidak pernah mengeluarkan statement ini itu, cukup memantau saja. Sebagai fasilitator, kita hanya ingin netral, karena tidak sedikit juga member Kaskus yang berasal dari Malaysia,” kata Andrew. “Di Kaskus, kita mengikuti tren yang berkembang di luar. Kalau meman menarik, seperti kasus Malaysia ini, kita angkat jadi Hot Thread (thread atau topik yang dipampang di halaman depan Kaskus),” ucapnya.

Andrew menyebutkan, sampai saat ini pihaknya belum pernah menerima teror. Secara offline, masih aman-aman saja. “Paling perselihan itu terjadi secara online, antarwarga Malaysia dan WNI di dalam ranah maya, di dalam Kaskus. Misalnya, dengan membuat thread baru khusus untuk saling hujat,” ucap Andrew.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024